5 Mei 2019, Jemaah An Nadzir di Sulsel Sudah Mulai Berpuasa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pemerintah belum menentukan hari pertama puasa tahun ini. Namun, berbeda dengan Jemaah An Nadzir di Sulawesi Selatan yang telah memustuskan mulai berpuasa pada 5 Mei 2019. Menurut kepercayaan mereka, tanggal tersebut telah memasuki bulan Ramadan.

“Tadi malam sudah musyawarah, jadi kami bentuk tim 9 yang diamanahkan jemaah untuk memantau bulan dan sudah melalukan musyawarah,” kata Sekjen Jemaah An Nadzir Samaruddin Pademmui, Jumat 3 Mei 2019.

Dari musyawarah itu, diputuskan bahwa 1 Ramadan akan jatuh pada 4 Mei atau terjadinya pergantian bulan berlangsung pada pukul 14.00 Wita. Artinya, kita akan mulai berpuasa penuh pada 5 Mei atau pada hari Ahad nanti,” katanya.

Penentuan 1 Ramadan ini, kata Samaruddin, dilakukan setelah pihaknya mengamati pergerakan dan pengamatan terhadap bulan. Untuk penentuan Syawal atau hari Lebaran, pihaknya baru akan kembali melakukan pengamatan terhadap bulan purnama dan puncak pasang air laut di pertengahan Ramadan.

“Untuk Syawal baru akan kita putuskan lagi pada pertengahan atau di akhir bulan Ramadan,” katanya.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini