5 Desa di Papua Akhirnya Dapat Aliran Listrik dari PLN

Baca Juga

MATA INDONESIA, MIMIKA – Setelah lama hidup dalam kegelapan, sebanyak lima desa di Papua akhirnya mendapatkan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kelimat desa tersebut berada di Distrik Amar dan Distrik Mimika Barat Jauh, Kabupaten Mimika, Papua.

Kelima desa yakni Desa Ipiri, Paripim, Yaraya, Aindua dan Tapormai. Selama 67 tahun tak pernah mendapat aliran listrik. Hal ini karena tak ada akses jalan darat dari Timika, ibu kota Mimika.

Untuk menuju desa tersebut, warga harus menggunakan perahu atau kapal melewati jalur sungai dari Pelabuhan Poumako Timika.

Namun dengan menggunakan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) milik PT PLN dengan total kapasitas 180 kWp, kelima desa itu kini dapat menyala 24 jam penuh setiap harinya.

Saat ini PLN telah melayani 392 pelanggan di lima desa tersebut.

Peresmian ketiga PLTS tersebut oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob bersama Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika Martinus Irianto Pasensi pada Selasa Desember 2021.

Kepala Distrik Amar Albertus Tsolme tidak mengyaka jika lima desa ini kini bisa menikmati aliran listrik. Lima kampung ini hadir sejak tahun 1954, namun baru tahun 2021 kampung tersebut dapat menikmati aliran listrik.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini