3 Juta Vaksin Moderna Tiba, Total Pasokan Indonesia Jadi 122 Juta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Minggu 11 Juli 2021, vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) tiba di Bandara Soekarno Hatta. Total vaksin yang datang sebanyak 3.000.060 dosis melalui skema multilateral.

“Dengan datangnya vaksin Moderna, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin, baik berubah vaksin curah maupun jadi,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sesuai dengan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, pemerintah AS berkomitmen memberikan 4.500.160 dosis vaksin kepada Indonesia.

Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) izin pakai di masa darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021.

Selain Amerika Serikat, sejumlah negara juga telah menyatakan akan memberikan bantuan vaksin kepada Indonesia. Salah satunya Jepang yang rencananya akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca.

Selain itu Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab untuk dose-sharing yang kedua.

“Jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dari dukungan internasional dan bilateral direncanakan tiba pada Juli ini,” katanya.

Tak hanya vaksin, dukungan dari negara lain terus berdatangan berupa pasokan oksigen darurat dan alat pelindung diri (APD). Pada Minggu, Singapura telah mengirimkan RSS Endeavour untuk mengangkut bantuan yang antara lain berisi oxygen concentrators dan oxygen cylinder. Bantuan tersebut bakal tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini