Tokoh Masyarakat: Papua adalah Anugerah Ilahi dari Tuhan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tokoh Papua, John Gluba Gebze mengatakan bahwa orang Papua adalah anugerah ilahi dari Tuhan untuk bangsa Indonesia sehingga tidak boleh disia-siakan keberadaannya. Peran dari masyarakat asli harus diberdayakan untuk kesejahteraan Papua.

“Orang Papua tidak boleh disia-siakan karena ini adalah anugerah ilahi Tuhan untuk bangsa ini dan bangsa ini harus menempatkan mereka setara dalam setiap kebijakan,” kata John Gluba Gebze.

Selain itu, tokoh masyarakat Papua ini juga menegaskan bahwa pentingnya pendataan yang jelas dan terukur terhadap masyarakat asli Papua. Tujuannya agar semua segala program yang hendak dijalankan untuk kesejahteraan Papua bisa terealisasi dengan baik.

Hal ini penting untuk mengetahui pertumbuhan penduduk yang ada di Papua. Caranya dengan pendataan yang tepat supaya orang Papua bisa tersentuh seluruhnya.

“kita harus minta kepada BPS, untuk bekejrasama dengan Pemda dan buat pendataan penduduk OAP supaya kita tahu pasti sasarannya dan memandu bersama menuju kesejahteraan, ini penting, data, kalau ngga ada data, kalau data kira-kira, nanti orang Papua tidak tersentuh,” kata John.

Perihal pendataan, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Papua, Simon Sapari sudah pernah menegaskan bahwa pihaknya berharap semua warga asli di Papua terdata dalam Sensus Penduduk

Hal ini dinilai penting supaya pemerintah bisa merancang pembangunan yang berpihak kepada kepentingan Orang Asli Papua.

“Sensus sangat penting, karena bisa merencanakan pembangunan dengan baik, terstruktur, dan tertuju kepada siapa yang membutuhkan,” kata Sapari.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini