1 Warga Kota Cilegon Diduga Suspek Cacar Monyet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sempat Ramai ada seseorang terkena suspek cacar monyet di Jawa Tengah namun telah dinyatakan negatif. Kini Kabar terbaru, satu orang warga Kota Cilegon diduga suspek Cacar Monyet atau monkeypox.

Dalam akun Instagram @puskesmas.pulomerak telah mengonfirmasi temuan itu. Seorang warga berinisial Y (60) di Cilegon Banten.

Dalam keterangan puskesmas, pasien tersebut diperiksa oleh tim medis pada Senin 8 Agustus 2022. Kemudian sampelnya dikirim ke Labkesda Provinsi Banten.

Menurut keterangan dari Kepala Puskesmas Pulomerak Isnayati, pasien itu kini tengah menjalani isolasi mandiri hingga hasil laboratoriumnya keluar.

“Pasien ini tidak mengeluhkan adanya bintil-bintil yang mirip seperti cacar monyet atau monkeypox. Merasakan nyeri kepala, nyeri otot dan nyeri punggung. Keluhan-keluhan tersebut hampir mirip dengan sakit cacar,” kata Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, Rabu 10 Agustus 2022.

Isnayati bercerita, lansia tersebut datang ke Puskesmas Pulomerak pada Senin kemarin untuk memeriksa kesehatan dengan berbagai keluhan yang mirip dengan cacar monyet.

Pihak puskesmas telah mengambil sampel PCR khusus monyet, serum dan krusta dari terduga terduga beserta keluarga terdekatnya. Semuanya sudah dikirim ke Labkesda Provinsi Banten dan sedang diselidiki.

“Semoga pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif. Semua sedang kami pantau, kami juga telah mengambil sampel dari keluarganya. Ini kita lakukan agar tidak menyepelekan penyakit ini,” katanya.

Menurut Kepala Puskesmas Pulomerak, Isnayati, penularan cacat monyet disebabkan oleh kontak erat dari manusia melalui cairan tubuh.

Masyarakat yang merasakan gejala cacar monyet, diharapkan segera datang ke puskesmas terdekat untuk memeriksa kesehatannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini