Terowongan Unik di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Terowongan pada umumnya dibuat manusia dan bentuknya seperti sebuah lorong. Namun terowongan kali ini unik karena bentuk, warna dan letaknya. Serta ada pula yang pembuatannya ada campur tangan bantuan oleh alam. Berikut beberapa terowongan unik yang ada di dunia. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. The Tower Tunnel, Jepang

Salah satu bangunan yang paling aneh di Jepang adalah Gate Tower Building di Osaka, Jepang. Bangunan ini merupakan hasil dari kompromi yang tidak biasa antara pemilik tanah dan pemerintah Jepang. Lantai 5, 6 dan 7 dari 16 lantai yang dimanfaatkan sebagai perkantoran ini digunakan untuk jalan raya. Uniknya, jalan ini tepat melewati tengah-tengah gedung yang dimanfaatkan sebagai terowongan.

2. Terowongan Log Dari Pohon Tumbang – California, Amerika Serikat

Terowongan dari batang kayu ini adalah terowongan yang menembus pohon Sequoia raksasa yang ambruk di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat. Pohon ini memiliki ukuran tinggi sekitar 84 m dengan diameter 6,4 m roboh ke tengah jalan pada tahun 1937 karena proses yang alami.

  1. Terowongan Batu – Amerika Serikat

Terowongan batu terletak persis di pintu masuk ke Taman Nasional Sequoia di Central California, masih di tempat yang sama dengan terowongan pohon sebelumnya. Di bawah sebuah batu granit besar digali sebuah terowongan untuk jalan raya pada tahun 1938 oleh CCC (Civilian Conservation Corps).

  1. Terowongan Guoliang – Tiongkok

Terowongan ini dibangun di pegunungan Taihang oleh 13 warga desa setempat yang dipimpin oleh kepala desa mereka, Shen Mingxin. Terowongan Guoliang memiliki panjang 1200 m dengan lebar 4 m dan tinggi lorong 5 m. Waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan pengerjaan terowongan ini adalah lima tahun.

  1. Terowongan Laerdal – Nerwegia.

Terowongan Laerdal berlokasi di Sogn og Fjordane, Norwegia. Terowongan Laedal dianggap unik karena para arsitektur terowongan Laerdal membuat terowongan laerdal tidak kaku atau monoton. Sehingga para pengendara tidak merasa bosan dan hilang konsentrasi saat melewati terowongan Laerdal.

  1. Terowongan Zion-Mount Carmel – Amerika Serikat

Terowongan Zion-Mount Camel terletak di Zion Canyon, Utah, Amerika Serikat. Terowongan ini di bangun di antara gunung Zion dan Bryce Canyon. Keunikannya adalah sisi-sisi terowongan ini memiliki ukiran-ukiran unik dari formasi batu karang dan membuat pengendara dapat menikmati perjalannanya.

Berikut tampilan terowongan unik di dunia :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini