Keju Paling Terkenal di Dunia Beserta Negara Asalnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keju adalah jenis makanan yang berasal dari susu dengan bentuk, warna, rasa serta tekstur yang berbeda beda tergantung proses pembuatannya. Untuk membedakan jenis keju yang satu dengan yang lainnya maka keju dapat dibedakan berdasarkan : Jenis susu yang digunakan, Negara asal, tekstur, rasa, lama pemyimpanan, dan cara pembuatan.

Saat ini diperkirakan terdapat kurang lebih 1.800 jenis keju yang ada di dunia ini dengan berbagai macam tipe dan kategorinya. Berdasarkan tipenya, keju dibagi menjadi 8 tipe yaitu : hard, semi hard, soft, semi soft, firm, semi firm, fresh soft, fresh firm. Sedangkan berdasarkan jenis susu yang digunakan keju dibagi menjadi 11 jenis yaitu keju yang terbuat dari susu Kerbau, Unta, Lembu, Keledai, Kambing, Kuda, Moose, Rusa kutub, Domba, Kerbau Liar dan Yak. Berikut jenis keju paling terkenal di dunia dan negara asalnya. Berikut jenis keju paling terkenal di dunia beserta negara asalnya. (Mutiara Putri Kinasih)

  1. Keju Mozzarella – Italia. Keju Mozzarella adalah salah satu jenis keju paling terkenal di dunia yang berasal dari Italia. Keju ini terbuat dari susu sapi dan memiliki tekstur yang kenyal, lembut dan berserabut. Ciri khas dari keju Mozzarella adalah kejunya yang berwarna putih, bertekstur sangan lembut dan ketika keju ini dipotong maka akan mengeluarkan cairan putih beraroma susu.
  2. Keju Cheddar – Inggris. Keju Cheddar adalah keju asal Inggris yang paling sering dijumpai di dunia. Keju ini awalnya hanya diproduksi di Inggris sebelum akhirnya diproduksi secara luas diseluruh dunia. Keju Cheddar termasuk kedalam jenis keju keras (hard cheese) yang terbuat dari susu sapi.
  3. Keju Gouda – Belanda. Gouda merupakan salah satu keju paling populer di dunia yang namanya diambil dari nama sebuah kota yang terletak di sebelah barat Belanda yaitu Gouda. Saking populernya, bahkan keju ini menyumbang hingga 60% dari total konsumsi keju dunia. Ciri khas yang membuat keju Gouda begitu terkenal adalah rasa kejunya yang begitu kaya dan juga tekstur kejunya yang halus.
  4. Keju Emmental – Swiss. Keju Emmental atau yang lebih dikenal dengan sebutan keju Swiss adalah keju jenis keras yang terbuat dari susu mentah yang tidak melalui proses pasteurisasi. Keju emmental memiliki ciri ciri khusus yang tidak ada pada keju lainnya yaitu adanya lubang atau rongga pada bagian dalam daging kejunya.
  5. Keju Limburger – Jerman. Keju Limburger adalah keju berjenis semi soft asal Herve Jerman yang terkenal akan baunya yang menyengat saat keju ini sudah matang. Bau yang menyengat pada keju Limburger ini disebabkan oleh bakteri Brevibacterium linens. Karakteristik dari keju limburger adalah berbentuk balok dengan kulit kejunya berwarna kuning kemerahan yang diakibatkan oleh bakteria corynebacteria.
  6. Keju Comte – Prancis. Keju Comte adalah keju terkenal asal Prancis yang dibuat dari susu sapi Montbeliarde atau French Simmental tanpa melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Untuk ciri khasnya sendiri, keju Comte ini memiliki tipe semi hard dengan tekstur yang lembut dan mudah meleleh sedangkan untuk warnanya keju ini memiliki warna kecoklatan pada bagian luarnya dan kuning pucat pada bagian dalamnya.
  7. Keju Krim (Cream Cheese) – Amerika. Cream Cheese memiliki bentuk berupa krim yang membuatnya berbeda dari jenis keju yang lainnya. Keju paling terkenal asal Amerika ini terbuat dari campuran susu tanpa lemak dan krim serta bahan penstabil makanan. Ciri khas yang dimiliki dari Cream Cheese ini adalah warnanya yang berwarna putih susu serta memiliki rasa yang lembut serta manis.
  8. Keju Oaxaca – Meksiko. Keju Oaxaca atau dikenal juga sebagai keju Quesillo adalah keju bertipe semi lunak yang berasal dari Meksiko. Keju ini terbuat dari susu sapi yang dibuat dengan cara meregangkan dadih sehingga berbentuk seperti tali yang kemudian dililitkan hingga membentuk bola.
  9. Keju Serra Da Estrela – Portugal. Serra Da Estrela adalah keju paling terkenal di wilayah Portugal. Keju yang berasal dari daerah pegunungan Serra Da Estrela ini terbuat dari susu domba mentah yang kemudian diolah tanpa menggunakan Rennet melainkan menggunakan Cynara cadunculus thistle.
  10. Keju Pule – Serbia. Selain masuk kedalam daftar keju paling terkenal, keju Pule juga termahal di dunia. Secara tradisional keju Pule dibuat menggunakan bahan baku susu keledai Balkan yang digembalakan di wilayah Serbia. Proses pembuatan keju pule tergolong susah karena untuk menghasilkan 1 kg keju ini diperlukan 25 liter susu keledai Balkan.

Berikut tampilan jenis keju paling terkenal di dunia dan negara asalnya :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini