Foto: Puncak Ibadah Haji, Wukuf di Padang Arafah

Baca Juga

MATA INDONESIA, MEKKAH – Inilah puncak ibadah haji 1443 H/2022 M, Jumat, 8 Juli 2022. Sekitar satu juta jemaah berkumpul di Padang Arafah. Mereka membaur di Padang Arafah dengan mengenyampingkan aneka ragam latar belakang dan identitas yang dimiliki.

Arafah adalah tempat pertemuan antara Nabi Adam AS dan kekasihnya, Siti Hawa, setelah terpisah berpuluh tahun lamanya.

Di hari Arafah, Allah SWT juga pernah mengambil sumpah dari Adam AS dan seluruh umat manusia.

Peristiwa ini, tertera dalam QS Al A’raf: 172: “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) ‘Bukankah Aku ini Tuhanmu?’

Mereka menjawab, ‘Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi.’ (Kami lakukan yang demikian itu) agar pada hari kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).”

Dalam hadis yang riwayat Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW menggambarkan bahwa pihak yang terlibat dalam perjanjian itu adalah seluruh keturunan Nabi Adam sampai hari kiamat.

Rasulullah bersabda, “Ketika Allah menciptakan Adam, Dia mengusap punggungnya, maka dari punggung itu setiap ruh yang menyerupai biji atom berjatuhan, yang Dia adalah penciptanya sejak itu sampai hari kiamat kelak.”

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini