Si Cantik Penghuni Pantai Selatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah tidak heran lagi jika suatu tempat angker di Indonesia memiliki penghuni. Sosok penghuni atau penjaga di wilayah angker tersebut, biasanya dianggap memiliki kekuatan magis yang sangat kuat.

Pantai Selatan selalu dikaitkan dengan sosoknya, yaitu Nyai Roro Kidul yang juga dikenal dengan banyak nama yang mencerminkan berbagai kisah berbeda. Lazimnya ia dipanggil dengan sebutan Ratu Laut Selatan dan Gusti Kanjeng Kidul. Menurut adat istiadat Jawa penyebutan nyai dianggap menghormati leluhur dan para terdahulu.

Seorang antropolog Robert Wessing dalam “A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyi Roro Kidul,” Asian Folklore Studies Vol. 56 tahun 1997, menyatakan bahwa Ratu Kidul ini mulanya adalah putri dari Kerajaan Galuh, sekitar abad 13.

Ada pula versi yang menyebut dia adalah keturunan penguasa Pajajaran. Kemudian ada yang mengatakan dia keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan, bahkan masih ada yang mengaitkannya dengan Raja Kediri Jayabaya.

Dikisahkan, Ratu Ayu dari Galuh melahirkan seorang bayi perempuan. Keanehan muncul, bayi perempuan itu bisa bicara dan mengatakan bahwa dia adalah penguasa semua lelembut di tanah Jawa dan akan berdiam di Pantai Selatan.

Bersamaan itu pula, roh Raja Sindhula dari Galuh pun muncul dan bersabda bahwa cucunya tersebut tak akan bersuami demi menjaga kesucian dirinya. Apabila bersuami pun kelak adalah hanya bisa dikawini oleh raja-raja Islam di Jawa.

Banyak sekali masyarakat yang mengkaitkan jika ada bencana atau seseorang terkena musibah di pantai selatan, maka itu merupakan ulah Nyai Roro Kidul, dikarenakan seseorang itu telah melakukan kesalahan sehingga membuat Nyai marah.

Banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan seseorang ketika mengunjungi kawasan pantai selatan. Salah satunya adalah memakai baju berwarna hijau yang paling sering terdengar. Konon jika seseorang tetap melanggar peraturan tersebut, maka orang itu akan hilang lalu menjadi pasukan Nyai Roro Kidul di bawah laut.

Padahal jika dikaitkan dengan suatu ilmu dan pemikiran yang logis, jika seseorang memakai pakaian berwarna hijau, orang tersebut akan sulit untuk ditemukan karena memiliki warna yang senada dengan air laut, sehingga menyusahkan para pencari.

Ada pun kisah lain yang menceritakan bahwa banyak orang hebat yang dekat atau pernah bertemu dengan Nyai Roro Kidul dikarenakan suatu hal.

Sosok Nyai juga dianggap kuat dan salah satu sosok paling disegani di kawasan pantai selatan dan beberapa pulau, terutama pulau Bali dan Jawa. Paras cantik yang dimilikinya dianggap sebagai suatu pemikat bagi orang lain yang melihatnya.

 

Reporter: Hasby Dwi Kurniawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini