Fakta Menarik Soal Penemuan Perdana Pelat Nomor di Prancis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di balik penemuan perdana pelat nomor kendaraan di Prancis pada 14 Agustus 1893, tersimpan sejumlah fakta menarik. Salah satu alasan pemberlakuan sistem pelat nomor di masa itu adalah untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan.

Ada juga deretan fakta unik lainnya di balik pemberlakukan sistem pelat nomor di negeri Menara Eifel tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Aturan Pembatasan Kecepatan Mengemudi

Peraturan soal pelat nomor yang dicetuskan oleh Louis Lepine, Ketua Pelayanan Sipil di Seine Police Department ini tak hanya untuk mengatur lalu lintas semata.

Ternyata ada aturan soal pembatasan kecepatan mengemudi. Untuk di area pedesaan, kecepatannya di angka 20 Km/Jam. Sementara untuk area perkotaan kecepataannya 12 Km/Jam.

Baca juga : Bukan Ketua MPR dan DPR, Ternyata Ini Pemilik Pelat Nomor RI 3 dan RI 4

2. Untuk Pajak Pembangunan Infrastruktur

Selain itu, peresmian pemberlakuan pelat nomor pada tahun 1901 ini untuk pajak perbaikan infrastruktur. Adapun yang digunakan di Prancis terdiri dari tanda pengenal yang dibuat oleh pemilik dan menempel pada mobil.

Fakta Menarik Soal Penemuan Perdana Pelat Nomor di Prancis
Salinan Dokumen Sertifikat yang menunjukkan kemampuan pengendara dalam mengemudikan kendaraan bermotor (istimewa)

Pemilik mobil juga wajib memiliki sertifikat certficat de capacité de conduit d’un véhicule à moteur atau Sertifikat yang menunjukkan kemampuan pengendara dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

Baca juga : Bukan Prancis, Ternyata Negara Ini yang Pertama Legalkan Penggunaan Pelat Nomor

3. Penolakan dari Banyak Pihak

Awal kemunculan peraturan ini juga tak berjalan mulus. Upaya pemerintah untuk menarik pajak dari penggunaan pelat nomor menuai protes dari para pengendara.

Alasannya karena mengendarai mobil saat itu masih hobi yang mewah. Sehingga, sebuah regulasi macam itu akan mengganggu hobi para pemilik mobil.

4. Sosok Wanita yang Kena Tilang Pertama Kali

Fakta unik lainnya adalah sosok yang pertama kali mendaftar untuk mendapat sertifikat berkendaraan adalah seorang wanita bernama Anne de Rochechouart de Mortemart. Ia adalah keturunan bangsawan Uzes, bangsawan tertua di Prancis.

Fakta Menarik Soal Penemuan Perdana Pelat Nomor di Prancis

Namun lucunya, Anne kemudian menjadi wanita pertama yang mendapatkan surat tilang karena melakukan pelanggaran di tahun 1898.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini