Ulang Tahun Ibu Kasur ke-96 Dirayakan Google Doodle, Siapakah Dia?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari ini, Minggu 16 Januari 2022. Tepat 96 tahun perayaan ulang tahun Sandiah atau lebih dikela dengan Ibu Kasur. Ulang tahun beliau dirayakan oleh Google melalui animasi Google Doodle-nya.

Sandiah atau Ibu Kasur lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926. Ia mendapatkan panggilan Ibu Kasur dari nama suaminya, Soerjono, yang dipanggil Pak Kasur. Nama Kasur sendiri berasal dari Kak Soer, panggilan Soerjono waktu muda.

Sebagaimana dikutip dari laman Google Doodle, Sandiah yang karib disapa dengan nama Ibu Kasur adalah seorang edukator sekaligus entertainer anak-anak Indonesia. Ibu Kasur terkenal sebagai sosok ibu yang sabar dan penyayang.

Ia banyak menciptakan lagu anak-anak. Bahkan laman Google Doodle menyebut, Ibu Kasur telah menciptakan lebih dari 150 lagu anak-anak. Mulai dari ‘Kucingku’ hingga ‘Bertepuk Tangan’ yang masih dinyanyikan hingga kini.

Ibu Kasur banyak mengajarkan generasi muda Indonesia mengenai nilai-nilai moral melalui lagu-lagunya. Ia juga terkenal sebagai pembawa acara program anak-anak “Taman Indria” di TVRI.

Selain menjadi seorang seniman, Ibu Kasur dan suaminya juga merupakan pendiri TK Mini pada 1965, sebuah taman kanak-kanak yang terkenal di Jakarta. Sekolah ini menjadi dasar pengabdiannya seumur hidup terhadap pendidikan anak-anak Indonesia.

Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan sauranya, Guruh Soekarnoputra disebut-sebut merupakan lulusan TK Mini.

Setelah TK Mini, Ibu Kasur memperluas program pendidikannya ske seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI).

Ia juga menjadi ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

Bukan hanya itu, Sandiah Ibu Kasur juga mengedit majalah anak-anak Bocil yang terkenal di masanya. Selain itu, Ibu Kasur juga turut memproduksi film anak-anak, dan membuat banyak lagu anak-anak.

Pada Hari Anak Nasional tahun 1998, Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta pada 22 Oktober 2002, di usianya yang ke-76 tahun, akibat serangan stroke.

Ia pun dimakamkan di samping makam suaminya, Pak Kasur, di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini