Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Sleman Gelar Latihan Dasar Bela Negara

Baca Juga

Mata Indonesia, Sleman – Sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan pemilihan umum (pemilu) 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman (Kesbangpol) menyelenggarakan Latihan Dasar Bela Negara, Sabtu (22/7).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Kalurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, yang sekaligus mengukuhkan peserta pelatihan.

Danang Maharsa menyampaikan, penyelenggaraan Latihan Dasar Bela Negara menjadi salah satu wujud pemupukan rasa cinta tanah air dan bela negara. Dengan agenda tersebut, Danang berharap dapat sekaligus mengedukasi peserta dalam meningkatkan kesadaran dalam mensukseskan pemilu 2024. Dengan demikian diharapkan partisipasi masyarakat pun dapat meningkat pada pesta demokrasi mendatang. Wakil Bupati juga mengajak para peserta pelatihan untuk menjaga kedamaian dan ketentraman bersama dalam proses pemilu.

“Jangan sampai ada kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama kita. Monggo kita wujudkan ketentraman Sleman terutama jelang pemilu 2024 ini. Dengan memiliki rasa cinta tanah air, maka bersama kita bisa mewujudkan pesta demokrasi yang sehat,” ujar Danang.

Pada pertemuan itu, Danang mengukuhkan 75 peserta yang terdiri dari pamong kalurahan, anggota perlindungan masyarakat dan karang taruna. Wakil Bupati, sekaligus menyerahkan piagam dan bendera merah putih sebagai simbolis pengukuhan peserta Latihan Dasar Bela Negara.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Suprapti, mengatakan dengan mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat Sadar Akan Bela Negara Untuk Mensukseskan Pemilu tahun 2024”, Latihan Dasar Bela Negara menjadi bukti sinergi dan komunikasi dari berbagai pihak atas kesadaran menumbuhkan kesadaran dalam mensukseskan pemilu 2024.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat pemahaman bela negara sebagai upaya menumbuhkan kesadaran bela negara bagi masayarakat. Juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan sikap bela negara,” jelas Suprapti.

Untuk mewujudkan hal tersebut, peserta mengikuti pelatihan selama tiga hari, yakni pada 17, 18, dan 20 Juli 2023. Suprapti pun berharap, materi dan ilmu yang telah diterima peserta dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat setempat agar dapat meningkatkan pemahaman dalam pelaksanaan pemilu 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini