Sempat Naik Tinggi, Harga Kebutuhan Pokok usai Lebaran di Jogja Perlahan Stabil

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Sejumlah bahan pokok di Kota Jogja mulai mengalami penurunan. Hal itu menyusul berkurangnya permintaan selepas Lebaran 2023 yang mendatangkan jutaan wisatawan serta kebutuhan pokok warga Jojga saat Lebaran.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani mengungkapkan bahwa selama Lebaran kemarin ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga.

“Itu memang sering terjadi dan pemerintah berupaya untuk memantau apakah harga yang ditawarkan pedagang masih dalam batas wajar atau tidak,” katanya, Senin, 1 Mei 2023.

Seperti harga beras, tercatat masih cukup stabil di harga Rp11.500 per kilogram. Harga itu masih sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Harga cabai rawit merah selalu langganan naik ketika Hari Raya Besar keagamaan. Namun selepas Lebaran kemarin harga per kilogramnya sudah mencapai Rp48-57 ribu.

“Kalau cabai sudah mulai stabil lagi. Intinya kita akan melakukan upaya ketika harga di pasar ini terlampau tinggi. Namun sejauh ini masih kita pantau stabil,” terang dia.

Di sisi lain, Disdag Kota Jogja mengaku untuk stok kebutuhan pokok masih tercukupi. Kota Jogja memang tak memproduksi bahan pokok, sejauh ini bekerjasama antar kabupaten untuk memasok bahan-bahan pokok ke pasar-pasar yang tersebar di kota.

“Insyallah masih tercukupi. Sampai saat ini juga belum ada laporan pembeli kesulitan mencari bahan pokok untuk kebutuhan sehari-harinya,” terang dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini