Piala AFF 2020: Indonesia Bungkam Kamboja 4-2

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Timnas Indonesia memulai laga perdana Piala AFF 2020 dengan positif. Skuat Garuda meraih kemenangan atas Kamboja.

Bertanding di Bisham Stadium, Kamis 9 Desember 2021 malam WIB, Indonesia menang dengan skor 4-2 dalam penyisihan Grup B.

Pertandingan baru berjalan lima menit, Indonesia berhasil membobol gawang Kamboja. Memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas, bola hasil tandukan Rachmat Irianto mengoyak jala gawang Kamboja.

Indonesia menggandakan skor di menit ke-18. Kali ini, giliran kapten tim Evan Dimas mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan panjang Pratama Arhan dari lini belakang, bola memantul di kotak penalti Kamboja. Evan Dimas mengontrol bola dan melepaskan tendangan yang gagal dihentikan kiper Kamboja, Hul Kimhuy.

Terus menekan, Indonesia nyaris mencetak gol ketiga di menit ke-21. Tendangan jarak jauh dilepaskan Ezra Walian, tapi arah bola masih sedikit melenceng di kiri gawang.

Indonesia akhirnya mencetak go ketiga di menit ke-33. Tendangan penjuru dilepaskan Pratama Arhan yang berhasil ditanduk Rachmat Irianto.

Kamboja memperkecil skor di menit ke-36. Diawali sepak pojok yang dilepaskan Keo Sokpheng, bola berhasil disundul Yue Safy.

Skuat Garuda hampir mencetak gol keempat di menit ke-38. Bola hasil tendangan salto Irfan Jaya membentur mistar. Bola liar diteruskan oleh Ezra Walian yang dalam kondisi bebas tak terkawal. Sayang, bolanya masih melebar.

Di babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan tekanannya. Anak asuh Shin Tae-yong menambah keunggulan menjadi 4-1 di menit ke-54. Memanfaatkan umpan pendek Ricky Kambuaya, tendangan keras yang dilepskan Ramai Rumakiek menembus gawang Kamboja.

Indonesia kembali kebobolan dari situasi bola mati. Kali ini, Kamboja mencetak gol dari tendangan bebas di menit ke-60. Bola hasil tendangan bebas yang dilepaskan Prak Mony Udom membentur pagar betis dan berubah arah yang membuat kiper Indonesia, Syahrul Trisna gagal mengantisipasi.

Dalam 20 menit terakhir, Kamboja lebih banyak menguasai bola dan merancang serangan. Sementara pemain Indonesia sering salah umpan dan mudah kehilangan bola.

Kamboja nyaris mencetak gol ketiga di menit ke-76 yang lagi-lagi berasal dari situasi bola mati. Tendangan bebas dilepaskan Polroth dari jarak cukup jauh. Bola mengarah tepat sasaran. Beruntung kiper Syahrul Trisna bisa meninju bola.

Polroth kembali mengancam gawang Indonesia di menit ke-81. Dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang bisa dimentahkan kiper Syahrul Trisna. Skor 4-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:

Indonesia: 26 Syahrul Trisna, 4 Ryji Utomo, 12 Pratama Arhan (3 Moh Edo Febriansah 41), 28 Alfeandra Dewangga, 14 Asnawi Mangualam, 6 Evan Dimas, 13 Rachmat Irianto, 15 Ricky Kambuaya, 25 Irfan Jaya, 8 Witan Sulaeman, 7 Ezra Walian

Kamboja: 22 Hul Kimhuy, 3 Eath Rosib, 4 Saret Krya, 6 Tes Sambath, 15 Yue Safy, 24 Choun Chanchav, 13 Min Ratanak, 17 Lim Pisoth, 20 Nhean Sosidan, 9 Sieng Chantea, 14 Keo Sokpheng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini