Penuh Drama! Indonesia Pecundangi Singapura, Lolos ke Final Piala AFF 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Indonesia melangkah ke final Piala AFF 2020 usai mengalahkan Singapura 4-2 pada leg kedua. Laga ini berjalan penuh dengan drama.

Berlaga di National Stadium, Sabtu 25 Desember 2021 malam WIB, Indonesia unggul 5-3 dalam agregat setelah sebelumnya pada leg pertama bermain imbang 1-1.

Di laga ini, Singapura bermain dengan delapan pemain. Kiper Nadeo Argawinata menjadi pahlawan Indonesia dengan menepis tendangan penalti pemain Singapura di menit ke-90.

Jalannya pertandingan

Indonesia langsung menekan sejak menit awal. Laga baru berjalan enam menit, gawang Singapura nyaris bobol. Ricky Kambuaya melepaskan tendangan dari kotak penalti memanfaatkan kesalahan pemain belakang Singapura, sayang bola berhasil diblok.

Skuat Garuda mencetak gol di menit ke-11. Diawali aksi individu memukau Witan Sulaeman, dia berhasil mengumpan ke tengah kotak penalti. Diapit dua pemain, Ezra masih mampu mencocor bola sekaligus mengubah papan skor menjadi 1-0.

Indonesia mendapat peluang menggandakan skor di menit ke-36 dari tendangan bebas. Ramai Rumakiek berdiri di depan bola dan melepaskan tendangan dimana bola melewati pagar hidup pemain Singapura. Sayang, bola masih mudah diamankan kiper Singapura, Hassan Sunny.

Singapura harus bermain dengan 10 pemain di injury time babak pertama. Wasit memberikan kartu kuning kedua alias kartu merah kepada Safuwan Baharudin karena terlibat insiden saling dorong dan menyikut Rizky Ridho.

Ketika Safuwan meninggalkan lapangan, permainan dilanjutkan dengan tendangan bebas untuk Singapura. Tendangan bebas yang dilepaskan Shahdan Sulaiman berhasil dikonversi menjadi gol oleh Song Uiyoung.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil dominan karena unggul jumlah pemain. Peluang pertama didapat menit ke-51. Ezra melepaskan tendangan melengkung dari dalam kotak penalti ke tiang jauh, tapi arah bola masih melebar.

Peluang emas didapat Indonesia di menit ke-59. Dalam situasi kemelut di depan gawang usai sepak pojok, Rizky Ridho melepaskan tendangan ke gawang sambil membalikkan badan. Keberuntungan belum menaungi Indonesia karena bola membentur mistar.

Singapura bermain dengan sembilan pemain setelah wasit memberikan kartu merah ke Irfan Fandi setelah menjegal Irfan Jaya yang berpeluang mencetak gol.

Main dengan sembilan pemain, Singapura mengejutkan Indonesia dengan mencetak gol kedua di menit ke-75. Tendangan bebas yang dilepaskan Shahdan Sulaiman mengoyak gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata.

Unggul 2-1, Singapura berada di atas angin. Mereka nyaris mencetak gol ketiga di menit ke-78. Kembali dari situasi bola mati, Shahdan melakukan tendangan bebas yang berhasil ditepis Nadeo.

Indonesia berhasil menyamakan skor 2-2 di menit ke-87 berkat gol Pratama Arhan. Berawal dari tendangan yang dilepaskan Witan Sulaeman di kotak penalti, bola bisa ditepis kiper Hassan Sunny. Bola liar dengan tenang ditendang Arhan.

Singapura mendapat penalti di penghujung laga setelah Arhan melanggar salah satu pemain Singapura di kotak penalti. Farris Ramli, yang menjadi eksekutor, gagal mencetak gol setelah bola berhasil ditepis Nadeo.

Di babak tambahan 2×15 menit, Indonesia menambah dua gol. Gol pertama dicetak Irfan Jaya memanfaatkan aksi individu Egy Maulana Vikri. Kemudian, gol kedua dicetak Egy. Memanfaatkan tendangan penjuru Evan Dimas, pemain FK Senica itu memanfaatkan kemelut di mulut gawang menjadi gol.

Singapura mendapat kartu merah ketika di menit ke-118 setelah wasit mengusir kiper Hassan Sunny menjegal Irfan Jaya di luar kotak penalti. Skor 4-2 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Ezra Walian

Singapura: Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Song Uiyoung, Hami Syahin, Hafiz Nor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini