Menteri ESDM Harap Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi Segera Dimulai

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Selain meminta pembangunan infrastruktur gas bumi Cirebon – Semarang Tahap II selesai tahun 2025, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, berharap pembangunan infrastruktur gas bumi lainnya, seperti pipanisasi Dumai – Sei Mangkei segera dimulai. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tambahan produksi dari Blok Andaman yang menyimpang cadangan besar dan untuk menjamin kebutuhan gas domestik, termasuk untuk jaringan gas kota (jargas).

“Kita juga harus masih membangun infrastruktur untuk bisa mengakomodasi tambahan pasokan gas-gas dari hasil produksi baru yang bisa dioptimalkan. Jadi proyek transmisi gas Cirebon-Semarang harus diselesaikan di awal tahun 2025. Kemudian kita juga harus memulai program pembangunan transmisi di koneksi antara Dumai dan Sei Mangkei untuk mengantisipasi tambahan produksi dari blok Andaman,” ujar Menteri Arifin.

Arifin mengungkapkan, pembangunan infrastruktur gas untuk menampung tambahan produksi gas dari Blok Andaman sehingga pasokan gas untuk kebutuhan domestik dapat lebih terjamin. “Jadi memang pembangunannya akan memakan waktu beberapa tahun dan ini harus disesuaikan untuk bisa menampung tambahan gas yang dari Andaman sehingga kita bisa mengamankan pasokan suplai untuk dalam negeri. Kita bisa mewujudkan ketahanan energi di dalam negeri,” paparnya.

Arifin menyebut, pembangunan infrastruktur gas bumi dilanjutkan dengan pipa transmisinya untuk memasok kebutuhan masyarakat pada program jaringan gas kota. “Kita mengupayakan dibangunya transmisi untuk interkoneksi antarpulau agar kota-kota besar paling tidak yang terlintas maupun kota kecil bisa terlintasi oleh sambungan pipanya. Sambungan pipa tersebut nanti akan disambung lagi untuk membangun jaringan gas ke seluruh kota-kota dari tempat hub-hub yang sudah akan dilalui oleh jaringan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Arifin menyampaikan, jaringan gas tersebut sangat diperlukan karena di banyak negara memanfaatkan gas alam untuk sumber kebutuhan energi rumah tangga termasuk juga untuk kebutuhan hotel dan tempat rekreasi. “Kita harus mengoptimalkan itu. Kenapa harus kita lakukan? Karena kita harus menghemat devisa karena impor elpiji kita sudah kurang lebih 5-6 juta ton per tahun,” papar Arifin.

Pembangunan jaringan gas kota merupakan upaya pemerintah selain untuk menghemat devisa, juga mempermudah masyarakat untuk bisa mendapatkan energi di rumah. “Tidak lagi harus gotong-gotong elpiji melon 3 Kg, cukup buka keran, ngelak lah tapuannya itu. Inilah yang memang harus kita upayakan,” tandas Arifin. 

(Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembangunan Infrastruktur Sekolah Rakyat jadi Tonggak Pemerataan Pendidikan

Oleh: Didin Waluyo)* Komitmen pemerintahan Prabowo Subianto dalam mewujudkan akses pendidikanyang lebih merata terlihat semakin nyata. Pemerintah akhirnya menetapkanDesember 2025 sebagai titik awal pembangunan Infrastruktur Sekolah Rakyat.  Langkah ini dipandang sebagai dorongan baru untuk menegaskan bahwapendidikan tidak boleh menjadi hak istimewa bagi segelintir kelompok saja.Pembangunan ini juga menjadi sinyal kuat bahwa negara mulai menempatkankualitas dan aksesibilitas pendidikan sebagai prioritas utama.  Pembangunan infrastruktur ini masuk dalam pembangunan tahap II yang dilakukandi 104 lokasi di seluruh Indonesia. Dengan memulai proyek pada akhir 2025, pemerintah ingin memastikan bahwa percepatan pembangunan dapat segeradirasakan oleh masyarakat luas. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengatakan, Pembangunan Sekolah Rakyat Adalah bentuk nyata komitmen pemerintah untuk membangunsumber daya manusia yang unggul. Ia menjelaskan bahwa Pembangunan tahap II dilakukan guna memperluas akses Pendidikan berkualitas bagi anak-anak darikeluarga kurang mampu.  Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian PU, total anggaran yang dialokasikan untuk percepatan pembangunan Sekolah Rakyat ini sebsar Rp20 triliun, yang mana biaya pembangunan diperkirakan Rp200 miliar per sekolah. Sementara itu 104 lokasi yang tersebar antara lain, 27 lokasi di Sumatera, 40 lokasidi Jawa, 12 lokasi di Kalimantan,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini