Leg Pertama Babak Semifinal Piala AFF 2020, Indonesia vs Singapura Berbagi Angka

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA–Timnas Indonesia harus puas berbagi angka 1-1 kontra lawannya Timnas Singapura di pertemuan pertama babak semifinal Piala AFF 2020.

Pelatih Shin Tae Yong membuat kejutan dengan kembali membangku cadangkan sang kapten, Evan Dimas dan bek jangkung, Elkan Baggott. 

Pelatih asal Korea Selatan itu memutuskan untuk memakai skema 3-4-3 dengan menempatkan trio Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho sebagai bek tengah.

Selain itu, pelatih Shin Tae Yong juga menyimpan Ezra Walian dan lebih memilih menurunkan Dedik Setiawan sebagai penyerang tengah. Begitu pun dengan nama Egy Maulana Vikri yang tidak ada dalam daftar pemain cadangan.

Sementara itu, Singapura tampil dengan skuad terbaiknya. Pelatih Tatsuma Yoshida menurunkan pemain naturalisasi asal Negeri Ginseng, Song Ui-young sebagai gelandang dan menempatkan striker Ikhsan Fandi yang telah mencetak tiga gol sejak awal.

Sejak kick off babak pertama, Tim Garuda mengambil inisiatif menyerang. Tekanan demi tekanan terus diberikan, membuat Singapura tak mampu mengembangkan permainan.

Timnas Singapura lebih memilih bertahan dan melakukan serangan balik. Meski begitu, Timnas Singapura mendapat peluang terlebih dahulu melalui Ikhsan Fandi yang memanfaatkan bola liar hasil tepisan penjaga gawang Nadeo Argawinata pada menit ke-14.

Beruntung tendangan Ikhsan Fandi yang merupakan putra striker legendaris, Fandi Ahmad itu masih menyamping di sisi kiri gawang Indonesia. Skor masih sama, 0-0.

Pada menit ke-21, giliran Indonesia yang mendapat peluang. Sayang, tembakan Witan Sulaeman dari pinggir kotak penalti masih melambung di atas gawang Singapura.

Pada menit ke-28, Timnas Indonesia akhirnya memecah kebuntuan melalui serangan balik yang dikomandoi Asnawi Mangkualam bekerja sama dengan Witan Sulaeman.

Umpan datar Asnawi berhasil dikonversi menjadi gol oleh Witan yang berada di dalam kotak penalty. Tendangan Witan Sulaeman akhirnya sukses menodai gawang Singapura yang dijaga Hassan Sunny.

Unggul satu gol, membuat pasukan Shin Tae Yong percaya diri. Serangan demi serangan terus dilancarkan demi menambah pundi-pundi gol. Namun, hingga wasit meniup peluit, skor 1-0 untuk keunggulan sementara Indonesia tak berubah.

Memasuki babak kedua, gantian Singapura yang meningkatkan serangan. Berulang kali tuan rumah memberikan ancaman di lini pertahanan Indonesia.

Pada menit 70, publik tuan rumah bersorak usai Ikhsan Fandi menjebol gawang Indonesia. Bekerja dengan Faris Ramli, Ikhsan akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada menit ke-87, Singapura nyaris menambah gol lewat Amy Recha. Beruntung, tendangan spekulasinya masih mampu diamankan kiper Nadeo Argawinata.

Menjelang babak kedua berakhir, berbagai pelanggaran terjadi. Beberapa pemain Indonesia mendapat pelanggaran dari para pemain Singapura.

Hingga peluit babak kedua ditiup, skor di Singapore National Stadium tetap tak berubah 1-1. Leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 akan digelar pada Sabtu, 25 Desember 2021. (Rintani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini