Kasus Polio di Klaten Meningkat, Dinkes DIY Antisipasi dengan Percepat Vaksinasi

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Vaksinasi Polio sedang digencarkan di DIY. Hal itu menyusul dengan meningkatnya kasus Polio yang berada di Klaten, Jateng beberapa waktu lalu, hingga Pemkab setempat menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dinkes DIY sendiri mempercepat vaksinasi untuk mencegah menyebarnya virus Polio di Jogja. Dinkes DIY juga sudah menerima instruksi dari Kemenkes RI untuk menggalakkan vaksinasi di Sleman yang berbatasan dengan Klaten.

“Surat sudah kami terima, sementara ini untuk Sleman saja. Jadi Sleman diminta segera melaksanakan vaksinasi Polio,” ujar Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie, dikutip Rabu 17 Januari 2024.

Sejauh ini kasus Polio di Jogja memang belum ditemukan. Meski begitu, Dinkes tak ingin kecolongan dan melakukan upaya antisipatif agar kasus Jogja tak terjadi kasus serupa seperti di Klaten.

“Kita upayakan terus antisipasi dan juga kita berharap tidak ada kasus di Jogja,” harap Pembajun.

Terpisah, Sekda DIY, Beny Suharsono menjelaskan bahwa langkah yang bisa diambil oleh Pemda DIY adalah antisipasi. Virus yang tak memiliki wilayah tertentu untuk berkembang luas, sehingga langkah pencegahan yang paling mungkin untuk dilakukan.

“Namanya virus itu kan tidak punya wilayah administrasi, tapi yang paling rentan ya yang berbatasan langsung (Jogja). Jadi kami berusaha mewaspadai termasuk juga menekankan masyarakat melakukan PHBS,” kata Beny.

Untuk giat pemberian vaksin sendiri akan dipusatkan ke puskesmas dan fasyankes pemerintah. Hal itu juga agar tepat sasaran menjaring anak di bawah usia yang harus menerima vaksin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini