Jangan Asal Pilih! Ini Kandungan Berbahaya Suplemen untuk Ginjal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masa pandemi yang belum usai ini, mengharuskan masyarakat menjaga kondisi fisik mereka, terutama imunitas tubuh. Sebab, daya tahan tubuh dinilai sangat penting dan berpengaruh untuk mencegah paparan Covid-19.

Untuk menjaga sistem imunitas tubuh, kamu dianjurkan untuk berolahraga, konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup hingga minum multivitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tapi, kamu harus tahu bahwa tak semua kandungan di dalam suplemen baik untuk tubuh, terutama ginjal. Sejumlah kandungan suplemen, termasuk suplemen herbal dapat berbahaya untuk ginjal.

Dilansir dari National Kidney Foundation Amerika Serikat, berikut kandungan dalam suplemen yang harus kamu tahu karena bisa berbahaya bagi ginjalmu.

  1. Suplemen Diuretik

Kandungan dalam suplemen yang perlu dihindari ialah suplemen diuretik. Diuretik berarti kemampuan untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine. Suplemen ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Menurut National Kidney Foundation, beberapa suplemen herbal seperti diuretik atau pil air dapat menyebabkan iritasi ginjal hingga kerusakan.

Beberapa suplemen yang bersifat diuretik misalnya seperti suplemen peterseli dan buah juniper.

2. Kalium

Kalium baik untuk mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Namun, suplemen yang mengandung mineral kalium perlu dibatasi oleh penderita penyakit ginjal, terutama yang menjalani dialisis.

Pada orang dengan penyakit ginjal, kalium tidak dapat diolah secara efisien. Kelebihan kalium dapat menyebabkan kesulitan bernapas, nyeri dada, dan jantung berdebar.

Kalium banyak terdapat dalam suplemen melon, daun ketumbar, akar dandelion, daun bawang, sereh, pepaya, kunyit, dan teratai air.

3. Fosfor

Satu lagi kandungan suplemen yang perlu dihindari ialah fosfor. Suplemen dengan mengandung fosfor sebaiknya dihindari, terutama bagi penderita penyakit ginjal.

Meski kandungannya baik untuk tulang, namun mengonsumsi fosfor terus-menerus membuat ginjal bekerja ekstra dan dapat menyebabkan kerusakan. Pada ginjal yang sudah rusak, fosfor tak dapat diolah sehingga dapat menjadi racun dan menyebabkan kerusakan bagi tubuh.

Fosfor banyak terdapat dalam suplemen herbal seperti daun ketumbar, lobak, biji bunga matahari, kunyit, dan teratai air.

Jadi, pahami terlebih dahulu kondisi tubuhmu dan cermati kandungan, efek samping, dan kontraindikasi dari suatu suplemen sebelum mengonsumsinya ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Cegah Skimming, Patroli Samapta Polresta Sleman Pantau Gerai ATM

Mata Indonesia, Sleman - Guna Mengantisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polresta Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini