Ini Pesan Jokowi yang Disampaikan Prabowo di Hari Bela Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bela negara bukan semata-mata tugas TNI dan Polri saja, namun seluruh rakyat Indonesia. Dalam peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat bela negara. Salah satu wujudnya bahu membahu menghadapi pandemi Covid-19.

Pesan itu dibacakan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memimpin upacara memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Dr. (H.C.) Ir. Soekarno Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu 19 Desember 2021.

“Perkokoh semangat bela negara dan bahu-membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” pesannya.

Jokowi yakin Bangsa Indonesia akan kuat dan besar bila semua elemen mampu mengambil peran. Di tengah pandemi, semua elemen perlu memanfaatkan kesulitan menjadi peluang. Tidak hanya berperang melawan Covid-19.

Kepala Negara menyadari, tidak mudah melewati pandemi Covid-19. Namun, Indonesia harus terus berjuang mengendalikan Covid-19 dan memulihkan ekonomi, agar tidak tertinggal dari negara lain.

“Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Kepala Negara menyebut sejumlah nilai dasar bela negara yang perlu dikembangkan seluruh komponen bangsa, di antaranya cinta tanah air, sadar berbangsa dan negara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara,” katanya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini