Bawaslu DIY Libatkan Anak Muda jelang Pemilu 2024, Ini Fungsinya

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Bawaslu DIY melibatkan anak muda di tiap wilayah yang ada di Jogja menjelang Pemilu 2024 bergulir. Bukan tanpa alasan, munculnya sengketa hingga gesekan antar pendukung hingga pelanggaran, berpotensi meluas dan melibatkan antar peserta pemilu.

“Jadi peran generasi muda ini cukup penting, kami mengajak para pemilih muda untuk ikut andil untuk menekan sengketa yang terjadi. Harapannya pemilu tahun ini tidak ada lagi sengketa hingga pelanggaran,” kata Ketua Bawaslu DIY, Moh Najib Rabu 15 November 2023.

Bawaslu DIY memiliki kewenangan untuk menindaklanjuti pelanggaran yang terjadi. Meski begitu, pihaknya mengaku lebih baik hal ini dilakukan bersama-sama dengan dukungan masyarakat dan generasi muda.

“Kalau mencegah sejak dini kan lebih baik. Artinya proses pemilu yang santun ini bisa tercipta dan memuaskan semua pihak,” ujar dia.

Sementara Komisioner Bawaslu DIY, Sutrisnowati mengatakan, peran generasi muda yang sudah melek politik dan beberapa kader parpol dari anak muda, punya peran besar untuk menggiring Pemilu 2024 lebih baik lagi.

“Jadi sebisa mungkin, kita kedepankan gara-gara penyelesaian konflik di lokasi kejadian,” ujar dia.

Sutrisnowati mengatakan dengan sengketa yang terjadi semua pihak harus mampu memitigasi.

“Kalau sejauh ini kan gesekan terjadi dari anak muda karena punya energi yang besar. Nah, dengan adanya keterlibatan mereka dan sosialisasi dalam mengedepankan pemilu damai, tentu mereka memiliki peran penting,” jelas Sutrisnowati.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini