Wow, Bunga Kamboja Bisa Sembuhkan Bisul!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mayoritas dari kita menyukai bunga karena keindahan dan aromanya. Bunga merupakan pelambang perempuan dan kecantikan yang diidentik dengan kelembutan.

Namun siapa sangka di balik kelembutannya, bunga memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai infeksi, mulai dari masalah kulit ringan hingga yang serius atau parah.

Melansir Times of India, Dr. Partap Chauhan, Direktur Jiva Ayuveda mengatakan bahwa bunga adalah bagian integral dari kehidupan yang tidak hanya berguna untuk nilai estetika, tetapi juga dapat digunakan untuk nutrisi dan pengobatan.

Bunga adalah bagian reproduksi tanaman dan tergantung pada jenis bunganya, dapat digunakan secara utuh atau menggunakan kelopaknya, seperti bunga mawar atau hanya menggunakan kepala putik dan bagian atas seperti bunga saffron yang bermanfaat untuk pengobatan. Berikut beberapa bunga yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan, di antaranya:

Kembang sepatu atau Hibiscus

Bunga kembang sepatu. (Foto: Pixibay)

Kelopak bunga kembang sepatu memiliki beragam warna, seperti: merah, pink, putih, kuning, dan oranye. Kembang sepatu banyak digunakan dalam teh Ayurveda yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kelopak bunga ini juga dapat membantu mengatasi wasir, perdarahan serta rambut rontok, hipertensi, batuk, juga dapat berguna sebagai kontrasepsi.

Bunga mawar

Bunga Mawar. (Foto: Pxfuel)

Sama seperti bunga kembang sepatu, bunga mawar juga memiliki beragam warna yang indah. Bunga mawar mengandung tanin, vitamin a, b dan c, serta dapat menghasilkan minyak esensial dan mengandung minyak lemak dan asam organik.

Jus bunga mawar digunakan untuk mengurangi panas tubuh dan sakit kepala. Sementara bunga mawar kering  dapat diberikan kepada ibu hamil sebagai diuretik dan kelopak bunganya digunakan untuk membersihkan perut.

Bunga mawar dalam bentuk apa pun terbukti bermanfaat dan dapat menyembuhkan penyakit paru-paru, batuk, asma, bronkitis, masalah pencernaan seperti dispepsia dan perut kembung.

Iritasi pada mata juga bisa diredakan dengan air bunga mawar. Sedangkan masalah kulit seperti jerawat dapat dikendalikan dengan pasta mawar dan teh mawar dapat diminum untuk meredakan sembelit.

Bunga kamboja atau Plumeria

Bunga Kamboja. (Foto: Wikipedia)

Bunga kamboja memiliki beragam warna dengan ciri khas warna kuning di bagian dalamnya. Dalam pengobatan India, bunga ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit, luka, dan bisul. Rebusan bunganya bisa untuk mengobati mual, demam, vertigo, batuk, bahkan bronkitis.

Bunga golden shower

Bunga Golden Shower. (Foto: Freepik)

Sesuai dengan namanya, bunga ini berwarna kuning dan posisi menggelantung bagaikan air yang turun dari keran shower. Bunga golden shower berguna dalam pengobatan penyakit kulit, penyakit jantung, penyakit kuning, sembelit, gangguan pencernaan ,dan sakit telinga.

Bunga teratai

Bunga Teratai. (Foto: Flower Glossary)

Umumnya bunga teratai berwarna putih atau merah muda. Bunga teratai menjadi nasional India dan bunga sakral untuk budaya Timur. Bunga ini juga memiliki makna spiritual dan budaya yang luar biasa.

Bunga teratai telah terbukti efektif dalam menurunkan suhu tubuh, rasa haus, penyakit kulit, sensasi terbakar, bisul, diare hingga bronkitis.

Bunga krisan

Bunga Krisan. (Foto: Pinterest)

Jus atau infus dari bunga krisan ternyata dapat menyembuhkan vertigo, hipertensi, furunculosis – yakni infeksi bakteri pada kulit yang membentuk benjolan bernanah dan terasa nyeri.

Satu porsi teh panas yang terbuat dari kelopak bunga krisan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan demam. Selain itu, bunga krisan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan bekerja sebagai pencahar.

Bunga melati

Bunga Melati. (Foto: Ist)

Nama bunga melati diambil dari sebuah kata bahasa Persia, yakni Yasmin yang mempunyai arti yaitu hadiah dari Tuhan. Secara filosofis, bunga melati menggambarkan kesucian serta ketulusan, juga keanggunan dalam kesederhanaan.

Bunga putih nan harum ini tumbuh secara soliter atau berirama. Teh melati telah lama digunakan banyak bangsa untuk meredakan kecemasan dan insomnia serta penyakit lain pada sistem saraf. Bunga melati juga terbukti bermanfaat untuk meringankan masalah pencernaan, nyeri haid, dan pembengkakan.

Ada banyak alasan di balik cinta dan pemujaan kita pada bunga dan salah satu alasannya adalah aspek pengobatan. Bunga memiliki banyak khasiat dan dapat digunakan secara luas untuk tujuan yang berbeda mulai dari kosmetik, obat-obatan, ornamen hingga dekorasi, serta menjadi hadiah untuk orang yang dicintai.

Bunga juga akan membantu Anda mempertahankan kesehatan fisik dan mental. Rasakan dan nikmati kekuatan alam dengan bunga-bunga ini dan bantu pertumbuhan Anda.

Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari nasihat profesional sebelum Anda mencoba sesuatu yang baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini