Tanda-Tanda Memiliki Gangguan Kesehatan Secara Emosional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kita semua menjalani hidup dengan berbagi stres dan masalah yang adil dan kita semua memiliki beberapa atau beban lain dalam hidup.

Tapi pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana kamu mengatasinya? Apakah kamu merasa seperti kamu tergelincir ke dalam jurang dan hatimu tidak pernah merasa baik?

Berikut adalah 5 tanda yang membuktikan bahwa kamu tidak sehat secara emosional, dan segeralah cari bantuan profesional.

Mengisolasi diri sendiri

Pernahkah kamu mengasingkan diri, menghindari orang dan masalah di sekitarmu? Pernahkah kamu menemukan diri dalam situasi di mana kamu ingin sendirian bahkan ketika tidak ada masalah di sekitarmu dan itu bukan tentang berada di ruangmu sendiri?

Jika ini benar maka secara emosional kamu tidak sehat dan perlu membutuhkan bantuan.

Mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu baik-baik saja tetapi tidak

Apakah sering hanya tersenyum pada diri sendiri dan mencoba meyakinkan bayangan cermin bahwa kamu baik-baik saja dan kenyataannya adalah sebaliknya?

Apakah kamu sering berada di tengah-tengah perasaan yang saling bertentangan? Banyak orang menekan emosi mereka dan mereka berpikir bahwa itu baik-baik saja dan perbaikan cepat untuk situasi tertentu juga.

Sedikit yang mereka sadari bahwa mereka merusak kesehatan mental mereka sendiri. Menekan perasaan bukanlah jawaban untuk menjadi ‘baik-baik saja’.

Tidak bisa memaafkan atau melupakan

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki lebih banyak musuh daripada teman dengan alasan bahwa kamu tidak mampu memaafkan seseorang untuk kesalahan terkecil, maka kamu memiliki masalah.

Kamu perlu menyadari bahwa ini adalah perilaku beracun. Jika kamu kesulitan melepaskan dendam maka kamu perlu mengatasi masalah itu.

Membiarkan rasa tidak aman menang

Kita semua memiliki rasa tidak aman tetapi ini semua tentang seberapa banyak kita membiarkannya menyelinap ke kita.

Alih-alih mengerjakannya, jika kamu sudah mulai membangun kompleks, maka kamu berada dalam skenario emosional yang sangat tidak sehat.

Anda harus mengambil langkah kecil dan meningkatkan diri sendiri daripada menyalahkan diri sendiri karenanya.

Bahkan orang yang paling tenang di sekitarmu memiliki beberapa atau yang lain rasa tidak aman tetapi ini semua tentang bagaimana mereka mengatasinya.

Tidak menjalani hidupmu

Apakah kamu membiarkan menit dan jam berlalu dan hanya bertahan hidup alih-alih menjalani kehidupan yang memuaskan?

Jika ini adalah di mana kamu menemukan dirimu sehari-hari, maka kamu perlu mencari bantuan dari para ahli.

Anda harus menantikan hidupmu, lakukan apa yang benar-benar ingin kamu lakukan. Kamu harus melakukan sesuatu untuk kewarasan diri sendiri. Bergabunglah dengan aktivitas, baca buku, menari, melukis, bermain game apa saja, membuat lilin, memasak, dan memanggang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jogja Student’s Solidarity for Palestine: Stop the Genocide!

Mata Indonesia, Yogyakarta - Jogja Student's for Justice in Palestine merupakan komunitas yang lahir dari berbagai perguruan tinggi di Jogja atas dasar kepedulian terhadap perjuangan bangsa Palestina, 12/5/2023.
- Advertisement -

Baca berita yang ini