Takut Covid dan Cuaca Ekstrem, Ini Beberapa Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan memang membuat tubuh malas bergerak karena cuacanya dingin dan cocok untuk tidak melakukan banyak aktivitas, apalagi berolahraga. Padahal berolahraga saat musim hujan juga baik untuk menjaga kesehatan.

Kalau takut berolahraga di luar rumah saat musim hujan yang bisa bikin sakit, ternyata di rumah pun bisa dilakukan. Manfaatnya juga tak kalah jauh dibandingkan dengan berolahraga di luar ruangan, yaitu membakar kalori lebih banyak, mengusir stres, membuat tubuh lebih lincah, dan lebih bersemangat.

Apalagi penyebaran Covid-19 semakin meluas membuat kita pun tidak yakin untuk melakukan olahraga di luar rumah.

Ini beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja.

  1. Skipping

Dilansir dari alodokter.com, lompat tali atau skipping berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, seperti lengan, bahu, punggung, paha depan, dan otot perut. Selain itu, skipping juga dapat melatih koordinasi tubuh, meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga.

Menurut ahli kebugaran, Athea Shah, skipping bermanfaat dan sangat bagus untuk membangun tulang dan menurunkan berat badan. Melakukan skipping selama satu jam bisa membakar sebanyak 560 kalori.

Saat melakukan skipping, pastikan tempatnya cukup luas agar tidak menyenggol barang-barang yang ada di sekitar. Caranya pun gampang untuk dipelajari dan sudah banyak diketahui masyakarat.

  1. Yoga

Saat musim hujan tiba, yoga juga bisa menjadi alternatif untuk berolahraga di rumah. Karena olahraga ini memang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Yoga bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Olahraga ini bisa membantu menyadarkan postur tubuh. Selain itu, keseimbangan pola gerakan membuat tubuh menjadi rileks, fleksibel, serta meredakan stres. Saat melakukan yoga selama satu jam bisa membakar hingga 280 kalori. Yoga bisa dilakukan dalam kondisi cuaca apapun.

  1. Treadmill atau spot jogging

Jogging adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Namun, saat musim hujan tiba, aktivitas ini jadi terhambat karena jalanan yang becek. Salah satu alternatifnya adalah menggunakan treadmill. Jika tidak memiliki treadmill, bisa dilakukan dengan cara lari di tempat.

Menurut ahli kebugaran, Samir Purohit, jogging sangat ideal sebagai Latihan pemanasan atau sebelum melakukan olahraga lainnya. Olahraga sederhana ini bisa membakar lemak perut dan paha serta kalori yang terbakar sebanyak 215 jika dilakukannya selama 30 menit. Selain itu, bisa membantu metabolism tubuh menjadi lebih lancar.

  1. Plank

Melakukan plank sangat fleksibel karena tidak memerlukan tempat khusus dan dapat dilakukan di mana saja. Plank juga terkenal dengan olahraga yang memperkuat otot perut. Caranya pun mudah, posisinya hampir sama dengan posisi push up, bedanya hanya harus menahan posisi dengan tangan telentang.

Walaupun awalnya sulit, jika rutin dilakukan akan semakin mudah. Bagi pemula, coba terlebih dahulu selama 30 detik. Plank cocok untuk seseorang yang ingin mengencangkan otot perut, punggung, dan otot lengan. Jika dilakukan selama satu jam bisa membakar 350 kalori.

  1. Pilates

Pilates mirip dengan yoga, bedanya gerakan ini menekankan pada pengembangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan gerakan anggun. Manfaatnya untuk mengencangkan otot-otot tubuh, dan meningkatkan sirkulasi serta melancarkan pernapasan.

Latihan ini juga bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tikar pilates. Melakukan pilates selama satu jam bisa membakar hingga 260 kalori.

  1. Aerobik

Salah satu jenis olahraga yang menggunakan musik di dalam latihannya. Biasa dilakukan di dalam ruangan mengikuti ritme musiknya. Aerobik cukup membuat lelah karena gerakannya yang tanpa henti dan mengikuti ketukan musik seperti menari.

Aerobik menyenangkan, bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengencangkan otot, meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Satu jam melakukan aerobik bisa membakar 360 kalori.

  1. Push up atau Sit up

Olahraga ini cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan ruangan yang besar. Tujuan push up dan sit up untuk memperkuat otot punggung dan perut. Kedua gerakan ini juga bisa dilakukan di mana saja.

Melakukan push up dan sit up bisa membakar dua kalori di dalam tubuh. Dalam melakukannya selama 30 menit bisa membakar sekitar 200 sampai 400 kalori.

  1. Latihan kekuatan otot

Latihan ini berfokus pada menambah kekuatan dan daya tahan otot. Selain bisa meningkatkan massa otot, bisa juga meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki mood.

Latihan kekuatan otot ini bisa menggunakan satu set dumbbell atau jika tidak punya, bisa dikreasikan dengan barang-barang bekas di rumah seperti botol air yang diisi dengan beban. Melakukannya dalam satu jam bisa membakar hingga 200 kalori.

  1. Kalistenik

Kalistenik hampir sama dengan yoga dan pilates, olahraga ini menggunakan matras. Kalistenik salah bentuk latihan fisik yang memaksimalkan penggunaan berat badan diri sendiri. Bertujuan untuk melatih otot betis serta bahu.

Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak dengan posisi kaki merapat dan tangan disamping tubuh. Gerakan-gerakan yang masuk ke dalam kalistenik antara lain push up, planks, bridges, crunch, dan sebagainya.

  1. Bermain hulahop

Jika di rumah memiliki hulahop yang tidak terpakai, alat ini bisa digunakan untuk berolahraga. Selain menyenangkan, ternyata juga bisa membuat tubuh sehat. Jika dilakukan secara rutin bisa mengecilkan perut dan pinggang, selain itu juga meningkatkan kinerja jantung dan membenarkan postur tubuh.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Council, bermain hulahop di pinggang selama satu jam bisa membakar hingga 400 kalori.

Sebelum melakukan olahraga di atas, alangkah baiknya melakukan pemanasan sebelum memulai dan melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga.

Reporter: Laita Nur Azahra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini