Soal dan Jawaban Materi Seni Membuat Patung 4-6 SD di TVRI 27 Agustus 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Seni Membuat Patung’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Kamis, 27 Agustus 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Jelaskan bagaimana cara membedakan karya seni rupa murni dan seni rupa terapan!

Membedakan karya seni rupa murni dan terapan bisa dilihat dari fungsinya. Seni rupa murni ialah seni rupa yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai estetikanya. Sementara seni rupa terapan mempertimbangkan fungsinya.

Dengan demikian, karya seni rupa murni hanya bisa dinikmati dari segi keindahannya saja. Contohnya adalah patung, lukisan, dan foto.

Berbeda dengan karya seni rupa terapan yang bisa digunakan sebagai fungsi tertentu. Contoh karya seni rupa terapan antara lain, anyaman, gerabah, dan lain-lain.

2. Buatlah patung manusia dari bubur kertas!

Bahan :
Koran bekas
Air
Ember atau baskom
pengaduk
Tepung kanji
Cat warna
kuas
Kawat kasa
Cetakan kue atau robot mainan
Pisau cutter
Kompor
Wajan
tumbukan

Langkah-langkah membuat patung dari bubur kertas :

1. Rendam koran yang sudah digunting dengan air, sekitar 30 menit

2. Buat pola patung, tipsnya, kamu bisa menggunakan alat bantu cetakan kue (tanpa menggunakan pola)
Atau membuat pola baru menggunakan kawat kasa dengan menempelkan kawat pada robot mainan, sehingga berbentuk patung yang diinginkan

3. Setelah rendaman koran mulai lembek, maka tiriskan dan tumbuk secara perlahan sampai halus

4. Panaskan wajan berisi air menggunakan kompor, masukkan secara perlahan tepung kanji sampai berbentuk lem

5. Kemudian campurkan dengan hasil tumbukan koran tadi, aduk hingga merata, jangan terlalu kental ataupun cair agar mudah pada proses penempelannya pada kawat kasa atau cetakan kue

6. Tempelkan bubur koran pada kata kasa secara perlahan, kemudian agin-anginkan sampai mengering (jangan dijemur agar tidak retak)

7. Untuk mendetailkan bentuk patung, seperti bentuk mata, telinga, tangan, dll, kamu bisa menggunakan ujung pisau cutter yang tajam

8. Berilah warna yang sesuai dengan bagian patung yang kamu buat.

3. Buatlah clay sesuai kreativitasmu!

Bahan:
1 buah sabun mandi batangan
Tepung terigu secukupnya
Lem putih atau lem kayu secukupnya
1 sendok teh garam dapur halus
Pewarna makanan

Langkah-langkah Membuat Clay dari Sabun:

1. Ambil sebuah sabun batang lalu potong kecil-kecil. Kemudian rendam potongan sabun tersebut dalam air. Ukuran air setinggi potongan sabun.

2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun menjadi lembek. Jika ada yang masih mengeras, bisa dihaluskan dengan sendok agar sabun manjadi halus dan lembut.

3. Kemudian masukkan tepung terigu, garam dan lem putihnya.

4. Uleni semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan kalis. Jika belum kalis bisa ditambahkan terigunya atau lem putihnya sampai menjadi kalis.

5. Jika adonan sudah kalis berarti adonan clay sudah jadi. Agar terlihat cantik, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Selanjutnya uleni sekali lagi sampai warna menyatu sampai rata.

6. Clay yang sudah jadi siap dibuat mainan dan dibentuk sesuai selera.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini