Perhatikan 4 Cara Ini Supaya Tanaman Tetap Terawat

Baca Juga

Mayoritas orang menyiram tanaman secara rutin setiap hari dan dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun dalam prosesnya tidak mudah karena ada beberapa faktor penting yang harus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan tanaman. Mengingat, apabila kebutuhan air tidak cukup maka tanaman tersebut akan mati, demikian sebaliknya jika terlalu banyak air, tanaman pun juga akan mati.

Maka, mengutip dari Gardeners, terdapat 4 langkah yang seharusnya dilakukan sebelum menyirami tanaman dengan benar. Hal ini penting untuk menjaga keberlangsungan hidup dari tanaman tersebut.

Pertama yaitu dengan memeriksa kondisi tanah yang ada. Mengingat, air di pagi hari masih mengendap di tanah karena cuaca yang mendung dan tanah tidak mendapatkan paparan sinar matahari. Jika pot tanaman terasa ringan maka kandungan air sudah menipis namun jika masih terasa berat maka kandungan air masih cukup banyak.

Kedua, sebaiknya tidak menyiram tanaman dengan terburu-buru supaya airnya tidak muncrat kemana-mana dan membuat bagian akar tetap kering. Usahakan air mengalir ke arah yang benar yaitu airnya bergerak menuju ke batang utama yang menuju akar.

Ketiga, menyesuaikan frekuensi menyirami tanaman dengan kondisi cuaca yang ada. Apalagi ada tanaman outdoor yang terpapar panas dan hujan. Apabila cuaca sedang hujan terus menerus maka tidak perlu menambah asupan air tanaman. Jika tanaman indoor, air bisa diberikan sesuai dengan jenis tanaman.

Keempat, menyirami tanaman di pagi hari. Mengingat momentum tersebut tanaman siap untuk mengonsumsi air yakni tepat sebelum sinar matahari belum terlalu tinggi. Selain itu, menyiram tanaman di pagi hari juga sangat bermanfaat. Daun basah bekas siraman air bisa meminimalisir penyakit tanaman susah menempel di daun dan dahan yang kering.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini