Penting! Begini Cara Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual di Transportasi Umum

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pelecehan seksual marak terjadi di transportasi umum, sebagian besar korbannya ialah perempuan. Tentu, hal ini menimbulkan keresahan bagi kaum hawa dan harus lebih waspada pada lingkungan sekitar.

Transportasi umum seperti angkot, bis, kereta, dan angkutan umum lainnya dapat dilakukan pelaku pelecehan seksual tanpa melihat tempat ataupun situasi sekitar. Pelaku juga sering kali tidak memandang kondisi, pakaian, bahkan usia korban.

Agar terhindar dari pelecehan seksual, perempuan perlu tahu cara melindungi diri saat menaiki transportasi umum, seperti di bawah ini.

1. Jangan Tidur Selama Melakukan Perjalanan

Usahakan untuk tidak tidur saat berada di dalam transportasi umum. Karena keadaan ini kamu tidak tahu atas apa yang terjadi disekitarmu. Tanpa disadari, tidur selama perjalanan di transportasi umum juga dapat meningkatkan risiko terjadinya pelecehan seksual

2. Pilih Posisi Duduk yang Aman

Memilih posisi duduk dekat pintu saat naik kendaraan umum, dapat membuatmu lebih mudah kabur jika terjadi insiden yang tidak diinginkan. Pastikan juga duduk dengan sesama perempuan saja.

Ketika duduk pun ambilah posisi duduk mengunci, seperti gunakan tas, jaket, atau benda apapun untuk melindungi bagian dada. Sedangkan, untuk melindungi bagian tubuh samping seperti paha, gunakan kedua tangan.

3. Gunakan Fasilitas Khusus Wanita

Kini, beberapa transportasi umum sudah menyediakan ruang khusus wanita seperti KRL dan Bus Transjakarta. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual.

4. Membawa Alat untuk Keamanan Diri

Perempuan disarankan untuk membawa alat-alat yang bisa dijadikan pertahanan diri, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tidak perlu membawa senjata tajam, alat seperti bubuk cabai atau merica, gas air mata ukuran kecil, maupun alat lainnya bisa kamu gunakan untuk melumpuhkan para pelaku kejahatan.

5. Hindari Pergi Jarak Jauh Sendirian

Hindari pergi jarak jauh hanya sendirian. Usahakan selalu didampingi seseorang, baik orang tua, saudara, sahabat, atau teman. Jika terpaksa harus pergi sendirian, pastikan kamu dekat dengan penumpang sesama perempuan lainnya.

Nah, itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual di transportasi umum. Semoga membantu.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini