Pengacara China Bahas Nasib Kris Wu yang Ditahan Atas Kasus Dugaan Pemerkosaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Wu Yifan atau yang lebih dikenal Kris Wu telah ditahan polisi atas kasus dugaa pemerkosaan. Ia dilaporkan ke polisi oleh mantan pacarnya sendiri, Du Meizu.

“Setelah polisi menyelidiki laporan yang dibuat secara online mengenai ‘Wu Yi Fan menipu gadis-gadis muda untuk melakukan hubungan seksual beberapa kali,’ Wu Yi Fan (Laki-laki, 30, Kanada) telah ditahan oleh polisi Chaoyang atas dugaan pemerkosaan. Kasusnya saat ini sedang berlangsung, ” kata Polisi Chaoyang.

Dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok Sina, seorang pengacara Tiongkok Zhang Qi Huai mempertimbangkan kasus ini dan menjelaskan apa arti penahanan ini bagi Kris Wu dan masa depannya. Ia mengklarifikasi bahwa fakta bahwa Polisi Chaoyang telah menahannya menandakan bahwa penyelidikan telah menunjukkan ada bukti bahwa suatu kejahatan telah dilakukan.

“Kasus kriminal biasanya dimulai dengan seseorang yang melaporkan kejadian tersebut ke badan keamanan publik. Setelah menerima laporan, penyelidikan pendahuluan dilakukan dan pelapor menerima pemberitahuan yang menandakan bahwa kasus tersebut telah diterima. Ini tidak berarti kasus telah diajukan. Kasus ini diajukan setelah penyelidikan awal menunjukkan bahwa laporan tersebut cukup substansial bagi badan keamanan publik untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelidiki – jadi mengajukan kasus adalah langkah pertama.

Setelah kasus diajukan, polisi memulai penyelidikan dan mereka hanya menahan tersangka jika pada tahap awal mereka menentukan bahwa a. orang tersebut telah melanggar hukum dan perlu dihukum dan/atau b. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah orang tersebut melakukan lebih banyak kejahatan atau merugikan masyarakat dan/atau c. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah individu dari kemungkinan melarikan diri. Ditahan secara pidana adalah salah satu bentuk penahanan seseorang, dan hal ini sering dilakukan pada tahap awal penyidikan tindak pidana.

Biasanya, ‘tersangka’ dipanggil selama 12 jam dan ditahan pada tahap akhir kasus ketika telah berkembang menjadi sesuatu yang sah dan kompleks. Saat ini, Kris Wu sebenarnya ditahan — yang menandakan bahwa penyelidikan awal telah menunjukkan bukti bahwa kejahatan telah dilakukan. Bisa juga untuk mencegahnya kabur, seperti keluar negeri atau bersembunyi sehingga penyidikan dan proses hukum tidak bisa berjalan dengan baik. Sekali lagi, penahanan hanya dilakukan ketika ada pemahaman dasar tentang kebenaran dan bukti kejahatan yang telah terjadi.” — Pengacara Zhang Qi Huai

Pengacara melanjutkan untuk membahas apa yang membuat kasus Kris Wu lebih rumit daripada yang lain. Dia mengatakan, dari perspektif hukum, kasus Kris Wu kemungkinan akan sangat dipengaruhi oleh opini publik karena dia seorang selebriti dan tokoh masyarakat.

“Kasus Kris Wu sangat dipengaruhi oleh opini publik karena ia adalah seorang selebriti dan tokoh masyarakat terkemuka di China. Fakta bahwa Polisi Chaoyang mengumumkan perkembangan khusus untuk kasusnya saat ini menunjukkan bahwa pihak berwenang telah sangat rajin dalam penyelidikan mereka — karena kasusnya sangat rumit,” kata Pengacara Zhang Qi Huai.

Terlepas dari betapa rumitnya kasusnya, Kris Wu akan diadili di Tiongkok sesuai dengan hukum Tiongkok. Menurut pengacaranya, kewarganegaraan Kanadanya tidak akan membuat perbedaan dalam persidangan, karena proses dan hukumannya sama [seperti halnya] untuk warga negara Tiongkok.

“Salah satu alasan untuk menahan seseorang secara pidana — ketika kejahatan telah terjadi — adalah untuk mencegah orang itu mempengaruhi penyelidikan dengan cara apa pun atau melarikan diri untuk menghindari diadili di pengadilan. Dalam kasus Kris Wu, karena dia orang asing, ada kemungkinan dia meninggalkan negara itu dan mempersulit persidangan untuk berlangsung. Jadi dia telah ditahan secara pidana. Jelas, sekarang dia sudah ditahan, tidak mungkin baginya untuk melarikan diri. Dia akan diadili di Tiongkok menurut hukum Tiongkok dan dapat dideportasi setelah menjalankan hukumannya, jika terbukti bersalah.

Pada prinsipnya, kedutaan nasional Kris Wu dapat diberitahu. Mungkin ada beberapa komunikasi ketika kasus itu dibawa ke pengadilan. Jika anggota keluarganya orang Kanada, mereka berhak mengajukan pertanyaan melalui kedutaan. Tetapi semua ini tidak memengaruhi proses hukum yang diambil oleh otoritas hukum Tiongkok. Yang paling bisa mereka lakukan adalah bertanya apakah dia telah dipaksa untuk memberikan pengakuan palsu selama penyelidikan. Jika tidak, tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan. Kris Wu akan melalui proses hukum yang sama dan dijatuhi hukuman seperti yang dilakukan semua warga negara Tiongkok. Jika dia hanya berbicara bahasa Inggris atau bahasa lain, dia mungkin mendapatkan bantuan dari seorang penerjemah di pengadilan. Tapi dia orang Cina dan tidak akan ada ‘perbedaan’ dalam cara dia mencoba, berdasarkan kebangsaannya. ” — Pengacara Zhang Qi Huai

Langkah selanjutnya dalam proses hukum untuk Kris Wu diharapkan menjadi penangkapan resmi, dakwaan jaksa, dan hukuman melalui persidangan. Meskipun prosesnya bisa memakan waktu hingga enam bulan, pengacara yakin itu akan dipercepat karena perhatian publik tertuju pada kasus ini.

“Umumnya setelah menahan seseorang, keluarga mereka diberitahu dalam waktu 24 jam. Kemudian kasus tersebut diteruskan ke kejaksaan untuk diperiksa dan disetujui untuk dilakukan penangkapan. Ini membutuhkan waktu hingga tiga hari, tetapi dapat diperpanjang satu hingga empat hari, hingga total tujuh hari, dalam keadaan khusus. Artinya, keputusan apakah Kris Wu akan ditangkap atau tidak dapat dibuat paling lambat pada hari kedelapan setelah penahanan.

Apa itu penangkapan? Penangkapan berarti bahwa selain mempunyai bukti dasar yang kuat, ada bukti bahwa kejahatan yang bersangkutan diancam dengan pidana penjara tertentu, pidana penjara tidak terbatas, atau lebih tinggi. Jadi dengan melakukan penangkapan, semakin ditegaskan bahwa suatu kejahatan benar-benar telah dilakukan dan jika terbukti bersalah, orang tersebut akan dijatuhi hukuman. Ini adalah aturan dasar untuk melakukan penangkapan apa pun. Biasanya, setelah melakukan penangkapan, tersangka tidak akan ditahan selama lebih dari dua bulan, meskipun dapat disetujui untuk perpanjangan satu bulan menjadi total tiga bulan jika kasusnya besar dan kompleks.

Kasus Kris Wu diperkirakan akan terungkap seperti ini: Jaksa akan mendakwanya, dan setelah kasus itu dibawa ke pengadilan, akan memakan waktu sekitar dua bulan – paling lama, enam bulan – untuk persidangan dan hukuman. Kejahatan Kris Wu kemungkinan besar rumit, sehingga bisa memakan waktu hingga enam bulan, tetapi karena ada banyak perhatian dalam kasus ini, tidak akan terlalu lama untuk mengadakan persidangan. Mereka mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk memastikan segala sesuatu tentang kasus dan investigasi transparan dan kemudian mencapai putusan.” — Pengacara Zhang Qi Huai

Adapun dukungan dan kontrak Kris Wu yang mungkin terpengaruh oleh kasus dan hasil akhirnya, pengacara menunjukkan bahwa ada proses hukum perdata untuk bisnis yang “telah [melihat] kerugian.”

Dukungan terbaru Kris Wu termasuk bisnis nama besar seperti Louis Vuitton, Tencent, Porsche, dan Bvlgari. Sejak awal penyelidikannya, setidaknya 14 kontrak telah diputus oleh Kris Wu.

“Segala masalah hukum perdata dapat diajukan dalam proses hukum pidana bagi korban yang telah melihat kerugian materialistis akibat tindakan pidana tersangka. Mereka juga dapat mengajukan gugatan perdata secara terpisah. Kerugian apa pun yang dilakukan oleh kejahatan Kris Wu terhadap bisnis yang dia dukung dan produser media yang dia rekam dapat dinegosiasikan atau diselesaikan melalui proses hukum perdata ini,” ungkapnya.

Pengacara lain, Yan Xu, juga mengomentari kasus Kris Wu dan mengatakan jika dia terbukti bersalah, dia bisa dihukum lebih dari 10 tahun atau bahkan penjara seumur hidup.

Diketahui, pada tanggal 8 Juli 2021 lalu, Du Meizhu membuat beberapa postingan di Weibo. Ia mengklaim bahwa dia ditipu untuk menghadiri pesta minum di rumah mantan anggota EXO itu.

Manajer Wu saat itu mengklaim itu untuk peran utama wanita dalam video musik yang akan datang, yang akhirnya membuatnya enggan berhubungan seks dengan Wu saat mabuk. Dia juga mengungkapkan bahwa beberapa korban telah menghubunginya, mengaku memiliki pengalaman serupa dengan Wu.

Wu segera membantah tuduhan itu, dengan mengatakan, “Jika ada tindakan seperti itu, tolong jangan khawatir, saya sendiri yang akan masuk penjara!! Saya bertanggung jawab secara hukum atas kata-kata saya di atas!!”

Polisi China mengungkapkan hasil penyelidikan awal mereka pada 22 Juli, merinci penipuan, pemerasan, dan pemerasan yang terlibat. Dan kini, Kriss Wu pun telah ditahan polisi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini