Pemula Merapat! Ini Tips Mudah Bercocok Tanam Sayuran di Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan jelang akhir pekan ini. Mulai dari masak-masak, menonton film hingga bercocok tanam.

Kegiatan bercocok tanam atau berkebun tentu menyenangkan dan sangat bermanfaat dilakukaan saat akhir pekan. Tapi, masih banyak yang belum mengerti bagaimana memulai berkebun di rumah.

Nah, buat kamu yang berniat untuk berkerbun khsusnya sayuran di rumah, yuk simak tips mudah berikut biar kegiatanmu makin seru!

  1. Pilih Jenis Sayuran

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memilih jenis sayuran yang akan ditanam. Jangan lupa untuk memilih jenis sayuran yang tidak mudah busuk ya.

Lakukan riset terhadap sayuran yang akan kalian tanam seperti jumlah sinar matahari yang diperlukan, cara merawat dan proses pertumbuhannya.

2. Persiapkan Lahan

Selanjutnya menyiapkan lahan untuk bercocok tanam. Buatlah tanah yang mengandung banyak bahan organik seperti kompos dan lainnya.

Usahakan agar tanah tersebut tetap subur dan gembur. Tenang saja, kamu dapat membuat tanah gembur dari pupuk kompos lho! Tak cuma itu, pilihlah lahan yang lebih mudah terkena sinar matahari ya.

3. Pilih Bibit Berkualitas

Jika memutuskan untuk berkerbun di rumah, pastikan kamu sudah memilih bibit yang berkualitas. Sebab, kesuburan kebun kamu akan ditentukan dari kulitas bibitnya.

Maka, belilah bibit-bibit sayuran organik yang sudah bersertifikat. Terpenting ialah bibit tanpa menggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya.

4. Rutin Menyiram

Satu lagi yang perlu kamu lakukan saat bercocok tanam di rumah ialah rutin menyiramnya. Selain sinar matahari, kebun juga membutuhkan kelembaban yang cukup.

Untuk bibit yang  belum tumbuh, disarankan untuk menyiramnya dengan rutin, pada pagi dan sore hari dengan air yang cukup. Ini bertujuan untuk mempercepat tumbuh akarnya.

Sedangkan untuk tanaman yang sudah tumbuh caranya, masukkan jari kalian pada tanah sedalam 3 sentimeter pada pagi hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini