Orang Tua Wajib Cari Tahu Kenapa Anak Lakukan Bully

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak ada orang tua yang ingin mendengar bahwa anak mereka menyakiti atau melakukan bully kepada anak lain baik secara fisik, mental, atau emosional. Namun, ada sejumlah anak yang mungkin menjadi penindas dan beberapa lainnya akan ditindas.

Kami tahu Anda telah melakukan yang terbaik untuk memberikan nilai dan pendidikan yang tepat kepada anak Anda sehingga Anda dapat memastikan bahwa mereka adalah pribadi yang baik.

Tetapi bagaimana jika suatu hari Anda mendapat telepon dari sekolah dan mengatakan bahwa buah hati Anda menindas teman sekelasnya? Apa yang akan dan harus Anda lakukan? Ada banyak panduan untuk membantu orang tua korban intimidasi, tetapi tidak cukup untuk membantu orang tua pelaku intimidasi.

Pertama yang harus Anda ketahui adalah mengapa anak Anda menggertak dan menindas temannya! Penting untuk dicatat bahwa anak-anak melakukan hal tersebut bukan karena mereka adalah anak jahat.

Mereka baru saja membuat beberapa kesalahan dan keputusan yang buruk. Penting bagi Anda untuk memahami alasan di balik gertakan dan intimidasi sebelum menghukum mereka. Alasan anak Anda mungkin menggertak seseorang adalah:

  • Mereka merasa tidak berdaya, jadi mereka mencoba untuk mendapatkan kembali kekuatan itu dengan menindas orang lain
  • Mereka ingin merasa diterima
  • Mereka mencari perhatian
  • Mereka tidak mengerti bagaimana perilaku mereka menyakiti korbannya

Ini adalah beberapa alasan mengapa anak Anda menindas orang lain. Sekarang, tugas Anda adalah membuat mereka mengerti bahwa apa yang mereka lakukan dapat menyakiti orang lain dan menjadi orang yang lebih baik.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Betapa sedihnya melihat anak Anda menyakiti temannya. Dan adalah tugas Anda untuk membantu mereka. Melansir Times of India, berikut beberapa tips untuk memastikan bahwa anak Anda memperbaiki perilaku mereka:

Atasi situasinya

Anda harus berbicara dengan mereka segera setelah Anda mengetahui bahwa anak Anda menindas temannya. Katakan padanya bahwa Anda mengetahui apa yang telah mereka lakukan dan beri tahu mereka, Anda tidak setuju dengan perilaku mereka.

Temukan alasan di balik intimidasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, anak-anak menggertak atau mengintimidasi temannya bukan karena mereka adalah orang jahat. Mereka melakukan hal tersebut karena merasa tidak berdaya. Untuk itu, alih-alih menghukumnya, Anda harus mencari tahu apa yang membuat mereka berperilaku seperti ini dan setelah Anda menemukan akar masalah, akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Bantu mereka memahami situasinya

Setelah Anda memahami akar masalahnya, bantu mereka memahami bagaimana perilaku mereka memengaruhi orang lain. Tanyakan kepada mereka apakah mereka akan merasa senang jika ada anak lain berperilaku dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan.

Konsekuensi

Kami tahu sulit untuk menghukum anak Anda, tetapi jika Anda ingin mendisiplinkan mereka dan memperbaiki perilaku intimidasi mereka, berikan anak Anda konsekuensi atas tindakan mereka. Jika mereka menindas seseorang dengan sekelompok orang tertentu, maka hukuman logisnya adalah melarang mereka bertemu dengan kelompok itu.

Pantau perilaku mereka

Setelah Anda berbicara dengan anak Anda tentang intimidasi dan mereka berhenti menyakiti teman sebayanya, Anda masih harus tetap memantau perilaku mereka. Ini adalah tindakan preventif, khawatir anak Anda melakukan kesalahan yang sama suatu hari nanti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini