Kenali Gejala dan Cara Penanganan Kucing Terpapar Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2 tak hanya menginfeksi manusia. Virus ini dapat menginfeksi dan menular pada hewan, salah satunya adalah kucing.

Kasus pertama ditemukan di Inggris, seekor kucing peliharaan dinyatakan positif Covid-19 dari pemiliknya. Kasus lain ditemukan di negara-negara lain seperti Prancis, Belanda, Spanyol, Italia, Jerman, Denmark, Amerika Serikat, Cina dan juga Hong Kong.

Dicky Budiman, seorang ahli epidemiologi dari Universitas Griffith mengatakan bahwa kucing peliharaan atau kucing liar memiliki potensi menularkan virus Covid-19. Kemudian para peneliti dari Universitas Glasglow menduga virus tersebut ditularkan oleh manusia.

Covid-19 sebagian besar memang menginfeksi manusia dan menular dari manusia ke manusia lain. Namun, nyatanya virus ini juga dapat menyebar dari manusia ke hewan. Beberapa hewan peliharaan, termasuk kucing telah dinyatakan positif Covid-19. Penyebabnya adalah sebagian besar hewan tersebut telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terindikasi positif Covid-19.

Namun risiko penyebaran virus ini dari hewan ke manusia terbilang cukup rendah. Hewan tampaknya tidak memiliki peran penting dalam penyebaran virus corona.

Kucing yang terinfeksi Covid-19 memiliki berbagai gejala, yaitu demam hingga mencapai 103,5°F, batuk secara terus menerus, sesak napas, bersin, hidung berair, bahkan ada beberapa kucing yang sampai muntah dan diare.

Jika kucing mengalami gejala seperti yang disebutkan, segera bawa kucingmu ke dokter hewan. Apabila hasilnya dinyatakan positif, maka lakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Pastikan kucing peliharaanmu untuk tetap berada di rumah. Hindarkan kucing dari kegiatan di luar rumah setidaknya setelah 14 hari dinyatakan positif.
  2. Jika di rumah terdapat banyak kucing atau hewan peliharaan, pisahkan kucing yang positif dari yang lainnya.
  3. Apabila terdapat gejala berat, konsultasikan ke dokter hewan, apakah kucingmu memerlukan perawatan intensif di klinik hewan atau tidak.
  4. Bersihkan kendang, tempat makan dan tempat minum secara rutin
  5. Saat merawat kucing yang positif Covid-19, usahakan untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan setelah melakukan kontak fisik.

Reporter: Shafira Annisa

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini