Jangan Kalap! Begini Cara Belanja Hemat saat Flash Sale

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional sudah di depan mata. Momen itu biasanyaya diadakan pada saat tanggal cantik 11 November, atau biasa disebut 11.11.

Nah, saat harblonas tiba, tentu akan ada banyak diskon besar-besaran dan flash sale yang bisa bikin kamu kalap. Sebab, maraknya e-commarce dengan beragam penawaran menarik mereka tentu membuat kita tergiur dan membeli barang apa saja yang lagi diskon.

Tapi, meski diskonnya besar-besaran, bukan berarti kamu harus membeli barang-barang yang tidak perlu. Jangan sampai uang bulananmu habis tak tersisa hanya karena tergiur diskon besar dan flash sale ya.

Maka, biar harbolnas nanti dompetmu gak auto kering, yuk coba tips di bawah ini biar tetap hemat saat belanja.

1. Beli Barang Sesuai Kebutuhan Bukan Kemauan

Jika menuruti hawa nafsu dan kemauan, pasti gak akan ada habisnya. Semua barang bisa saja kamu beli tanpa memikirkan bagaimana keuanganmu ke depannya.

Maka, pikirkan kembali apakah barang yang akan kita beli benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jangan membeli barang karena hanya harga murah ya, karena itu merupakan pemborosan.

2. Tentukan Budget

Jika kamu tak membatasi atau memberikan budget saat belanja, bisa-bisa dompetmu kosong saat akhir bulan. Maka, ada baiknya tentukan berapa budget yang harus kamu sisihkan untuk berbelanja. Jika belanjaanmu sudah mencapai batas yang ditentukan, segera tinggalkan e-commarce tersebut biar kamu gak makin kalap.

3. Jangan Termakan Diskon

Sering kali e-commarce memberikan potongan harga yang bikin kita melongo. Tapi, kamu jangan langsung tergiur ya.

Sebagai konsumen, kamu harus pintar. Coba diperhitungkan terlebih dahulu apakah diskon yang diberikan benar-benar menguntungkanmu. Jadi jangan cuma asal beli aja ya!

4. Ajak Teman

Gak ada salahnya lho untuk mengajak teman saat belanja di e-commarce. Cobalah mencari barang yang bisa kalian beli bersama alias patungan.

Misalnya barang-barang dengan label buy one get one atau semacamnya. Dengan begitu, kamu dan temanmu jadi lebih hemat kan?

5. Perhatikan Kondisi Keungan

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan saat belanja di momen harbolnas ialah melihat kondisi keuangan. Dengan melakukan hal ini terlebih dahulu, maka kamu jadi punya gambaran untuk menentukan budget belanjamu. Jika memang keuanganmu sedang menipis tapi ada kebutuhan yang harus kamu beli, coba untuk diirit sebisa mungkin ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini