Hakim AS Tolak Gugatan Sampul Album Nirvana ‘Nevermind’

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEATTLE – Seorang hakim AS menolak gugatan terbaru seorang pria terhadap sampul album ikonis ‘Nevermind’ milik band Nirvana yang memakai foto sang telanjang sang penggugat saat masih bayi.

Penggugat yang bernama Spencer Elden, mengatakan penampilannya di bagian depan sampul album ‘Nevermind’ merupakan bentuk pelecehan seksual anak. Tapi, hakim menolak karena menilai gugatan itu terlambat.

Upaya hukum yang dilakukan Elden sudah hampir menemui akhir karena dia tak bisa mengajukan kembali kasus tersebut meskipun tim kuasa hukumnya menyebut, masih ada kemungkinan melakukan banding.

Gugatan difokuskan pada foto Elden berenang telanjang di kolam menuju uang dolar yang ditusuk dengan kail ikan sebagai sampul album ‘Nevermind’. Dia berargumen tak bsia menerima foto yang digunakan tersebut. Elden meminta ganti rugi senilai 150 ribu Dolar AS.

Fotografer Kirk Weddle termasuk satu di antara beberapa sosok yang digugat, termasuk mantan anggota band ‘Nirvana’, Dave Gorhl dan Kris Novoselic serta janda mendiang Kurt Cobain, Courtney Love.

Elden mengajukan kasusnya pada tahun 2021, dengan alasan bahwa dia masih punya hak untuk mengeluh tentang citra puluhan tahun karena menyebabkan dia tertekan dan kehilangan penghasilan hingga dewasa. Gugatan itu ditolak dan kemudian diajukan kembali pada Januari.

Hakim Los Angeles memutuskan bahwa Elden mengajukan kasusnya jauh melampaui undang-undang pembatasan 10 tahun. Untuk tampil sebagai sampul album tersebut, orang tua Elden dibayar 200 Dolar di tahun 1991.

Penjualan album ‘Nevermind’ di seluruh dunia melampaui 30 juta, menjadikannya salah satu album terlaris sepanjang masa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini