Dear Presiden! Selain Senja, Ada 7 Tempat Wisata Indah Lho di Kaimana

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Kaimana adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat. Tidak salah jika Presiden Jokowi yang sedang berada di Sorong mengajak istrinya Iriana mengunjungi kabupaten yang terkenal dengan senja dan tempat wisata indah lainnya.

Ya, saking indah senja di sana, Presiden Soekarno pernah mengutus seorang penyanyi bernama Alfian pada 1963 untuk merasakan dan menikmati keindahannya sehingga terciptalah lagu jadul berjudul “Senja di Kaimana.”

Sebelum menikmati senja, wisatawan yang berada di kota yang menghadap Laut Arafuru tersebut bisa menikmati berbagai tempat indah lainnya. Ini tujuh di antaranya;

Teluk Triton

teluk triton
Teluk Triton. (twitter Hidayat Sirfefa)

Salah satu yang terkenal adalah Teluk Triton karena keindahan panorama bawah lautnya.

Dana Kamaka

Danau Kamaka
Danau Kamaka (jelajahtempatwisata.blogspot.com)

Selain itu ada Danau Kamaka. Danau ini memiliki panjang sekitar 30 km dan berlokasi di Desa Limira, di Teluk Triton, Kaimana. Danau itu memiliki keunikan karena mengalami periode pasang surut sebanyak lima sampai delapan tahun sekali.

Ketika sedang pasang, masyarakat setempat akan berprofesi sebagai nelayan mencari ikan di danau tersebut, dan mereka berubah menjadi petani ketika Danau Kamaka sedang surut.

Fort du Bus

fort du bus
Fort du Bus.

Kemudian kamu juga berwisata sejarah dengan mengunjungi Benteng Fort du Bus, yang berlokasi di Kampung Lobo. Berdasarkan informasi, benteng ini dibangun ketika dalam masa kolonial Belanda. Nama benteng ini sendiri diambil dari nama Jenderal Hindia Belanda, Leonard Piere Joseph Burggraaf du Bus de Gisignes. Benteng ini diresmikan bertepatan dengan ulang tahun Raja Willem I, yakni pada 24 Agustus 1828. Akan tetapi kemudian semua pasukan Belanda ditarik dari benteng ini pada tahun 1835 karena adanya wabah penyakit malaria.

Kolam Sisir

kolam-sisir wisato.id
Kolam sisir. (wisato.id)

Destinasi wisata itu yang bisa dikatakan baru di Kaimana. Berkunjung ke Kolam Sisir akan membuatmu merasakan ketenangan dan kedamaian karena posisinya yang dikelilingi bukit hijau.

Pantai Ermun

Pantai Ermun. (twitter @HidayatSirfefa3)

Pantai ini disebut-sebut yang terbaik di Kaimana juga terletak di Teluk Triton. Pantai Ermun memiliki ombak yang menenangkan, ditambah air laut berwarna biru dan menyejukkan mata. Di sana kamu juga akan menemukan karang berlubang yang menjadi ikon Pantai Ermun.

Pulau Venue

Pulau-Venue
Pulau-Venue (wartawisata.id)

Ada juga Pulau Venue, yang secara lokasi berada di Distrik Buruway. Pulau ini memiliki pasir putih bersih yang halus, dan di sana kabarnya menjadi habitat penyu belimbing yang kini terancam punah akibat perburuan. Berada di Pulau Venue akan membuatmu bersyukur tinggal di Indonesia, negara dengan sejuta keindahan.

Wisata Alam KM14

oasepapua.id

Wisata alam ini memiliki pemandangan yang menyejukkan, pohon-pohon besar tumbuh rindang disertai dengan suara burung yang bersaut-sautan. Wisata Alam KM14 tak ubahnya seperti hutan lindung, karena memang kawasan itu memiliki kekayaan hayati yang melimpah. Tak hanya bisa menikmati kondisi alamnya yang masih asri, kamu juga bisa mendirikan tenda alias camping di Wista Alam KM14.

Cara ke Kaimana dari Jakarta

Jika kamu memang berniat berwisata ke Kaimana bisa ditempuh dalam dua penerbangan dari Jakarta. Pertama carilah penerbangan Jakarta – Sorong atau Jakarta – Nabire.

Kedua penerbangan itu memiliki tarif yang hampir sama, rata-rata sekitar Rp 4 juta per orang. Tetapi jika beruntung ada promo bisa sekitar Rp 2 jutaan.

Meski begitu, Kamu yang bisa mencapai Nabire akan lebih murah membayar ongkos ke Kaimana, karena tiket pesawatnnya hanya Sekitar Rp 400 ribuan. Sedangkan dari Sorong lebih mahal Rp 100 ribuan.

Selamat berwisata ke Kaimana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini