Coba Yuk! Begini Cara Tepat Mengurangi Limbah Pakaian Biar Gak Mencemari Laut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Limbah pakaian sering kali terabaikan oleh kita. Jika merasa bosan atau tak lagi muat memakai baju kesukaanmu, pakaian tersebut pun langsung kamu buang begitu saja.

Padahal, baju bekas pakai yang dibuang bisa menjadi limbah yang mencemari lingkungan, lho! Salah satunya laut kita.

Dalam acara Hai Indonesia di Mata Milenial TV, limbah pakaian sudah mulai menumpuk dan mencemari lautan terhitung sejak masa pandemi ini. Berdasarkan data dari tahun 2020, sebanyak 80-81 persen, limbah yang menyemari lautan adalah limbah tekstil alias pakaian.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi limbah pakaian untuk bisa menjaga lingkungan?

Langkah tepat untuk mengurangi limbah pakaian ialah dengan beberapa langkah megatur pakaian bekas. Cara ini dirasa bisa membantu mengurangi tingginya limbah pakaian.

Bagaimana caranya? Yuk simak!

  1. Reduce

Hal pertama ialah melakukan reduce, yakni mengurangi pakaian yang sebenarnya tak kamu perlukan. Kegiatan ini bisa membuat kamu hemat pakaian dan mengurangi baju yang akan dibuang.

Untuk melakukan tindakan ini pun cukup mudah. Pastikan dulu bagaiaman selera berpakaian kamu sehari-hari. Jadi, kamu bisa membeli baju yang benar-benar kamu gunakan dan menghindari membeli pakaian yang hanya menumpuk di lemari.

2. Reuse

Lalu ada reuse. Cara ini juga berguna untuk mengurangi limbah pakaian kita lho!

Di budaya kita sendiri, reuse bisa dipahami dengan istilah lungsuran. Yakni memberikan baju dan pakaian lainnya yang sudah tak terpakai untuk orang terdekat.

Tindakan reuse ini juga bisa dilakukan seperti donasi pakaian. Jadi, kamu tak perlu membuang pakaian lagi.

Tapi, ingat ya! Berikanlah pakaian yang masih layak digunakan.

3. Recycle

Gerakan recyle atau mendaur ulang juga bisa kamu lakukan. Bahkan, cara recycle ini juga kerap dilakukan oleh rumah mode ternama lho!

Kamu bisa mendaur ulang baju tak terpakai menjadi barang yang berguna, seperti keranjang, topi, rok atau pakaian untuk hewan peliharaan kamu.

4. Repair

Merasa pakaian kesayanganmu bisa dibetulkan? Yuk lakukan cara repair ini.

Kamu bisa mencari beberapa pakaian yang menurutmu sudah tak bisa dipakai, seperti sobek, kelunturan atau lainnya. Nah, dengan teknik repair ini, kamu bisa membetulkan pakaian tersebut agar bisa kembali dipakai.

5. Repurpose

Gerakan ini bertujuan untuk menghindari dibuangnya baju-baju lama. Intinya, aksi ini mengajak kamu untuk menggunakan baju-baju tersebut untuk keperluan lain.

Misal, kamu memiliki baju yang sudah lusuh dan tak bisa direpair. Kamu bisa gunakan baju tersebut sebagai busana tidur lho!

6. Rent

Selanjutnya rent atau menyewakan. Kamu bisa membuat baju tak terpakai menjadi pundi-pundi uang lho!

Salah satu caranya dengan menyewakan pakaian tersebut. Jika kamu memiliki baju seperti kebaya atau gaun, maka sewakanlah pada mereka yang butuh. Selain mengurangi limbah, cara tersebut jugs abisa jaid cuan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini