Cegah Bau Mulut dengan Membersihkan Lidah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mencegah bau mulut bukan hanya dengan sikat gigi. Membersihkan lidah juga bisa mencegah bau tak sedap.

Lidah merupakan organ yang memiliki banyak saraf pengecap berfungsi membantu dalam mengunyah, menelan, dan berbicara.

Perlu kamu ketahui membersihkan lidah secara teratur dapat mengurangi bakteri mulut yang tidak diinginkan. Bakteri juga dapat menyebabkan bau mulut, lidah terlapisi, penumpukan plak, dan kondisi kesehatan mulut lainnya.

Setelah selesai sikat gigi, kamu dapat membersihkan lidah yang paling sederhana, yaitu dengan menggunakan bulu sikat gigi Anda. Kamu juga dapat mencoba sikat gigi khusus yang dilengkapi dengan pembersih lidah di baliknya.

Namun, bagaimana cara membersihkan lidah dengan benar? Apa saja sih manfaatnya? Yuk kita bahas.

1. Menghilangkan bau mulut yang disebabkan senyawa sulfur

Salah satu manfaat membersihkan lidah adalah menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh senyawa sulfur penyebab bau mulut.

Senyawa sulfur dihasilkan oleh bakteri ketika memecah makanan dan baunya seperti telur busuk. Jadi lakukan secara rutin ya supaya lidah tetap sehat.

2. Mengurangi penumpukan bakteri di lidah

Manfaat membersihkan lidah lainnya adalah mengurangi penumpukan bakteri di permukaan lidah. Membersihkan lidah secara rutin dapat mengurangi penumpukan bakteri.

3. Memberikan napas yang segar

Manfaat membersihkan lidah tidak hanya menghilangkan bau mulut. Namun, juga dapat memberikan napas yang segar sepanjang hari.

Berikut cara membersihkan lidah yang baik dan benar:

1. Menggunakan alat pembersih lidah

Salah satu cara membersihkan lidah yang direkomendasikan adalah menggunakan alat pembersih lidah atau tongue cleaner. Cara membersihkan lidah yang tepat menggunakan alat pembersih lidah, yaitu menggunakan  tongue cleaner yang terbuat dari plastik ataupun logam. Kamu dapat membelinya dengan mudah di sejumlah toko yang menjual alat-alat kesehatan.

Sambil berkaca menghadap cermin, julurkan keluar. Kemudian, tempelkan tongue cleaner di area lidah bagian dalam. Selanjutnya, tekan alat dan gerakkan ke arah depan. Celupkan alat pembersih ke dalam air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri dari lidah yang menempel.

Jika sudah, cuci alat pembersih lidah menggunakan air mengalir agar tetap bersih. Kemudian, simpan di tempat yang kering.

2. Menggunakan sikat gigi

Pilih sikat gigi yang berbulu halus dan lembut.
Sambil berkaca menghadap cermin, julurkan lidah keluar. Posisikan sikat gigi di area lidah bagian dalam. Selanjutnya, sikat lidah secara perlahan dari arah belakang ke dpan. Keluarkan air liur yang muncul saat membersihkan lidah. Lalu, berkumur beberapa kali dengan air hangat.

3. Berkumur air garam

Caranya kamu cukup mencampurkan segelas air hangat dengan satu sendok garam dapur. Lalu, gunakan larutan air garam untuk berkumur. Buang air sisa kumur. Bilas area mulut pakai larutan air garam sekaligus menggosok permukaan lidah dengan lembut.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini