5 Film Bertema ‘Hacker’ Ini Bikin Kamu Ngeri Main Sosmed

Baca Juga

MATA INDOENSIA, JAKARTA – Di era yang serba canggih ini, teknologi merupakan suatu keharusan untuk menunjang kehidupan seseorang. Tak terkecuali sosial media yang kini gak cuma menjadi alat komunikasi, tapi juga wadah untuk berekspresi hingga mencurahkan isi hati.

Namun, kamu harus sadar bahwa di luar sana ada banyak orang pintar yang salah menggunakan kecerdasannya. Seperti halnya hacker atau seorang peretas. Hacker merupakan orang yang ahli dalam bidang komputer yang menggunakan pengetahuan mereka untuk membobol akun seseorang.

Hal tersebut merupakan kejahatan yang mengerikan. Sebab, bisa saja mereka mencuri data dan informasi pribadi saat meretas sebuah akun. Cerita tentang pengalaman seorang hacker bisa kamu saksikan dari sejumlah film Hollywood.

Nih, biar kamu tahu bagaimana cara kerja seorang peretas membobol akun seseorang, yuk coba tonton 5 film bertema hacker ini yang pasti bikin kamu jadi ngeri main sosial media.

  1. Cyberbully (2015)
Film Cyberbully (2015)

Film pertama bertema kejahatan hacker ialah ‘Cyberbully’. Film ini pertama kali tayang pada tahun 2015 dan sukses digarap oleh sutradara Ben Chanan.

Diperankan oleh bintang ‘Game of Thrones’, Maisie Williams sebagai Casey, ‘Cyberbully’ menceritakan tentang kasus bully yang terjadi di dunia maya. Konflik bermula saat mantan pacar Casey menyebarkan semua keburukannya di Twitter.

Casey yang panik dan gak terima akan hal ini kemudian menghubungi temannya yang bisa meretas akun, Alex. Tapi siapa sangka, hal-hal memalukan yang pernah dilakukan lainnya justru menyebar semua.

2. Snowden (2016)

Film Snowden (2016)

Selanjutnya ada ‘Snowden’ yang sukses bikin kamu tegang saat menontonnya. Film ini sukses disutradarai oleh Oliver Stone dan diperankan oleh bintang ‘500 Days of Summer’, Joseph Gordon-Levitt.

Diangkat dari kisah nyata, film hacker terbaik ini menceritakan kisah Edward Snowden (Jospeh Gordon-Levitt), mantan anggota CIA yang sempat buron karena telah membocorkan dokumen sangat rahasia pada media.

Dokumen yang dimaksud adalah milik Badan Keamanan Nasional Amerika. Di dalamnya, mengungkap bahwa pemerintah dari Negeri Paman Sam ternyata memata-matai semua masyarakat.

3. Hacker (2019)

Film Hacker (2019)

Tak afdol rasanya jika membahas film tentang peretas tapi tak memasukin ‘Hacker’ dalam daftar. Film asal Denmark ini bergenre fiksi kriminal dan pertama kali tayang pada tahun 2019.

Berkisah tentang Benjamin, seorang anak berusia 13 tahun tiba-tiba saja menemukan sebuah fakta mengejutkan bahwa ibunya masih hidup. Saat Benjamin masih anak-anak, ibunya menyuruh dia bersembunyi karena ada beberapa orang yang mencari mereka.

Sejak saat itu, Benjamin tubuh menjadi anak yang ahli di dunia komputer dan ia menggunakan kepintarannya ini untuk meretas demi mencari ibunya.

4. Open Windows (2014)

Film Open Windows (2014)

Selanjutnya ada film ‘Open Windows’ yang gak kalah bikin ngeri saat kamu menontonnya. Film ini digarap oleh sutradara Nacho Vogalondo dan resmi dirilis pada tahun 2014.

Film ini mengisahkan tentang pemuda Nick Chambers (Elijah Wood), seorang webmaster yang memenangkan kencan malam dengan bintang favoritnya, Jill Goddart (Sasha Grey). Nick sudah berangkat dari kampung halamannya untuk bertemu dengan Jill.

Namun sayang, ketika acara jumpa fans itu berlangsung, Nick hanya bisa melihat dari layar komputer acara yang disiarkan melalui internet itu, karena ia tidak diundang. Pada saat ia melihat acara tersebut secara virtual, ada pengguna internet lain yang masuk ke akun miliknya dan melakukan dialog interaktif. Orang yang masuk ke akunnya itu lalu menuntun Nick untuk melakukan perintah-perintah membahayakan melalui internet.

5. Mr. Robot (2017)

Mr. Robot (2017)

Terakhir, aktivitas seorang hacker yang bisa kamu tonton ialah ‘Mr. Robot’. Kisah ini bukanlah film, melainkan serial yang bisa kamu saksikan hingga season keempat.

Serial ini diperankan oleh bintang ‘Bohemian Rhapsody’, Rami Malek yang berperan sebagai Elliot, seorang pekerja IT yang cerdas disebuah perusahaan. Lewat kecerdasannya ini, Elliot terdorong untuk meretas hal-hal yang ia anggap janggal, termasuk membobol FBI.

Saat kamu menontonnya, kamu akan menyaksikan aksi Elliot dari yang biasa hingga kelas kakap. Mulai dari meretas akun sosial media orang-orang terdekatnya, seperti gadis yang ia suka, atasannnya, seorang psikolog hingga membobol akun perusahaan hingga FBI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini