Yang Unik dan Menarik dari Negara Bagian Alaska

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Negara yang secara tidak resmi mendapat julukan sebagai ‘The Last Frontier”, “The Land of the Midnight Sun”, dan “Seward’s Icebox” ini memiliki banyak hal menarik yang hanya dapat kamu lihat di Alaska saja Loh. Ini dia beberapa fakta menarik negara Alaska :

Peta Alaska
Peta Alaska
  1. Memiliki 12.000 Sungai.

Fakta pertama yang menarik ternyata Negara Bagian Alaska ini memiliki 12.000 sungai. Sungai-sungai tersebut ada yang berkedalaman panjang dan juga pendek loh. Tak hanya itu, sungai yang berada di Alaska juga memiliki panjang sebesar 2.060 km. Dan sungai tersebut bernama Sungai Yukon.

Sungai Yukon di Alaska
Sungai Yukon di Alaska

Selain itu, penduduk memanfaatkan sungai-sungai tersebut sebagai jalur transportasi di pedalaman Alaska. Seperti sungai pada umumnya, di Alaska juga sungainya memiliki ikan-ikan segar berlimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk sekitar.

  1. Memiliki 100.000 Gletser

Dekat dengan kutub utara membuat iklim Alaska sangat dingin. Dan ini mengakibagkan banyaknya Gletser.

Gletser merupakan bongkahan es yang berada di daratan. Bongkahan es tersebut dapat cair seiring berjalan waktu dan bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Gletser terbesar yang dimiliki Alaska adalah Gletser Malaspina yang mencakup wilayah seluas 2.201 kilometer persegi.

  1. Gunung Berapi

Seperti halnya di Indonesia, ternyata di Alaska juga memiliki gunung berapi. Hal ini karena Alaska terlewati jalur pegunungan Pasifik.

Gunung berapi di Alaska berjumlah lebih banyak daripada negara bagian lainnya yang berada di Amerika Serikat. Selain itu, di Alaska kurang lebih memiliki 130 gunung berapi, dan  50 di antaranya sudah aktif sejak tahun 1760.

Sehingga bencana meletusnya gunung berapi di Amerika Serikat hampir 75 persennya karena letusan gunung yang ada di negara bagian Alaska.

4. Memiliki 3 Juta Danau

Selain, sungai dan gletser yang banyak, Alaska juga memiliki banyak danau. Alaska memiliki 3.000.000 danau dan menjadi peringkat pertama bagi negara bagian Amerika Serikat yang memiliki banyak danau.

Danau terbesar yang berada di Alaska bernama Danau Iliamna.

Danau ini merupakan danau terbesar urutan kedelapan di Amerika Serikat. Tak hanya itu, danau ini juga menjadi habitat bagi satwa laut yang hanya hidup di iklim yang dingin.

  1. Fenomena Alam di Alaska

Suhu di Alaska yang dekat dengan Kutub Utara ini punya suhu yang rendah bahkan sampai minus. Pada 1971, Alaska bahkan punya catatan suhu serendah –80 derajat Fahrenheit. Tak hanya itu di Alaska juga dapat menyaksikan fenomena alam aurora borealis, yaitu kumpulan cahaya berwarna cerah yang menghiasi langit malam bagian utara.

  1. Sudah 15.000 Tahun Berpenghuni 

Sudah lebih dari 15.000 tahun yang lalu manusia pertama mulai menyeberangi Selat Bering, dari tempat yang sekarang paling timur dari Rusia ke titik paling barat di Alaska.

  1. Pernah Menjadi Bagian Dari Kekaisaran Rusia

Menurut para peneliti, penjajahan Alaska dari Kekaisaran Rusia sudah di mulai sejak abad ke – 17.  Pada saat iru kapal penjelajah Rusia Semyon Dexhnyov mendaratkan kapalnya di Alaska dan mendidirikan pemukiman.

Rusia datang dengan tujuan untuk menjajah Alaska dan membangun permanen pemukiman pertamanya pada tahun 1784. Sayangnya, Rusia kemudian menjualnya ke Amerika Serikat karena ternyata tidak ada yang bisa tereksplotasi. Nilai penjualanya sebesar USD 7,2 juta dollar.

  1. Memiliki Segitiga Bermuda 

Di Alaska memiliki banyak kasus orang hilang. Anehnya, kasus orang hilang ini kebanyakan terjadi di 3 kawasan yang ada di Alaska ini. Yakni Anchorage, Barrow, dan Junea. 3 kawasan ini kemudian mendapat julukan sebagai Segitiga Bermudanya Alaska.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini