Tokoh-tokoh Proklamasi di Hari Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tepat di tanggal 17 Agustus 2021 kemarin, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-76. Sudahkah Kamu tahu siapa saja tokoh nasional proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Perlu diingat bahwa perjuangan seluruh rakyat Indonesia melawan penjajah dan bukan merupakan pemberian dari negara lain. Banyak tokoh yang berperan dalam mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Nah, sehubungan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, I-Tems (Infromasi ke Teman-teman Milenial) Mata Indonesia TV bakal membahas tokoh-tokoh proklamasi. Nama Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta tentunya yang paling banyak diketahui orang.

Kedua tokoh ini berperan penting dalam proses penyusunan teks proklamasi. Ir. Soekarno menyusun naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang kemudian ia bacakan yang rekaman suaranya masih bisa kita dengar hingga saat ini.

Drs. Mohammad Hatta merupakan tokoh yang ikut bersama dengan beberapa tokoh lainnya dalam perumusan naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Drs. Mohammad Hatta juga mengajukan usul agar naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh seluruh tokoh yang hadir di rumah Laksamana Maeda.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Saksikan video I-Tems terkait Hari Kemerdekaan di bawah ini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini