Tokoh Masyarakat Papua Rulche Wally: Aksi Kekerasan KST Papua Menyimpang dari Kemanusiaan

Baca Juga

Papua – Tokoh Masyarakat Papua Rulche Wally mengatakan keprihatinannya terkait eskalasi kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Separatis (KST) di Tanah Papua menjadi sorotan utama. Rulche Wally menegaskan bahwa aksi-aksi yang dilakukan oleh KST Papua telah melampaui batas kewajaran dan tidak dapat ditoleransi lagi.

“Dengan tegas, saya tidak setuju dan tidak terima terhadap tindakan yang sering dilakukan oleh KST Papua. Tindakan mereka telah merugikan dan mengancam keamanan warga Papua, baik orang asli Papua (OAP) maupun non-OAP,” ujar Wally saat di Jayapura Papua selasa 20/2/2024.

Rulche Wally juga meminta kepada aparat keamanan untuk menindak tegas KST Papua. “Perlindungan terhadap hak-hak warga sipil harus menjadi prioritas utama,” tambahnya, dengan harapannya agar keamanan dapat segera dipulihkan di Papua.

“Saya menekankan pentingnya aparat keamanan untuk bertindak tanpa pandang bulu terhadap siapa pun yang terlibat dalam aksi kekerasan. Perlindungan terhadap hak-hak sipil menjadi hal yang sangat penting, karena tanpa keamanan yang memadai, upaya pembangunan dan kemajuan di Papua akan sulit tercapai.

Rulche berharap bahwa tindakan tegas dari aparat keamanan akan membawa dampak positif dalam memulihkan situasi keamanan di Papua, sehingga masyarakat dapat hidup tanpa rasa takut dan dapat fokus pada pembangunan serta kemajuan wilayah mereka.

Selain itu, Rulche Wally menyampaikan aspirasinya agar Papua dapat mencapai kemajuan dan bersaing dengan provinsi-provinsi lainnya di Tanah Air. “Saya ingin Papua bisa lebih maju ke depannya, namun hal ini hanya dapat terwujud jika keamanan dan stabilitas terjamin,” katanya.

“Perlu dicatat bahwa masyarakat Papua bukan hanya berharap untuk hidup dalam kedamaian, tetapi juga memiliki hak yang sama untuk kemajuan dan kesejahteraan seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Oleh karena itu, perlunya tindakan tegas dari aparat keamanan dan pemerintah dalam menangani situasi ini menjadi sangat penting. Hal ini akan membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi hukum dan memberikan dorongan untuk melaporkan serta menindak pelaku kejahatan,” jelas Rulche Wally.

“Saya berharap agar seluruh pihak, baik pemerintah, aparat keamanan, maupun masyarakat luas, dapat bekerja sama dalam menyelesaikan masalah kekerasan yang terjadi di Papua, imbuhnya.

Sebagai masyarakat Papua, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia dalam menangani masalah ini. Semoga Tuhan memberkati dan membawa kedamaian bagi seluruh warga Papua dan Indonesia. Dengan kerja sama dan kepedulian bersama, kita dapat meraih masa depan yang lebih baik bagi Papua”, pungkas Tokoh Masyarakat Rulche Wally.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini