Tips Mengatasi Kecemburuan Antar Saudara Kandung pada Anak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kecembuaruan antar saudara kandung memang terkadang tak bisa terhindarkan. Orang tua pun diminta bijak dan adil dalam memperlakukan semua anaknya.

Dilansir dari BrightSide, menurut penelitian, kecemburuan saudara kandung dapat menyebabkan perilaku agresif dan kekerasan di antara mereka. Meskipun kecemburuan saudara kandung cukup umum terjadi dan banyak anak mengalami periode ini, ada beberapa metode untuk mencegah anak-anak Anda merasa cemburu.

Yuk simak beberapa cara berikut ini:

1. Terima emosi anak.

Psikolog mengatakan bahwa sangat penting untuk mengakui emosi anak-anak. Anda, sebagai orang tua, perlu menerima bahwa anak Anda mungkin marah, atau cemburu, atau sedih. Anda harus mengakuinya dan menjelaskan kepada anak-anak Anda bahwa adalah normal untuk merasakan emosi negatif dan mengajari mereka cara mengatasi hal negatif tersebut.

2. Habiskan waktu bersama mereka secara individu.

Analisis jumlah waktu yang Anda habiskan bersama anak-anak Anda bersama dan secara terpisah. Kemudian, Anda akan dapat melihat kapan tepatnya saudara kandung menjadi kewalahan dengan satu sama lain dan ketika mereka merasa kurang perhatian Anda.

Ketika Anda memperhatikan bahwa salah satu anak Anda merasa bahwa mereka tidak mendapatkan cukup perhatian Anda, psikolog menyarankan untuk menetapkan tanggal hanya untuk Anda berdua. Pilih tanggal sebelumnya, sehingga anak dapat menantikan tanggal tersebut.

3. Jangan membandingkannya.

Jangan pernah membandingkan saudara satu sama lain. Membandingkan satu anak dengan yang lain mungkin membuat mereka merasa seperti Anda mencintai salah satu dari mereka di atas yang lain. Ini tidak hanya akan membuat mereka cemburu, tetapi juga dapat merusak harga diri mereka dan memicu kecemasan. Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda menghargai individualitas mereka dan mencintai mereka secara setara.

4. Buat anak Anda tertawa.

Tertawa, secara umum, memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Di antara banyak hal lainnya, tertawa dapat mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Psikolog menyarankan menggunakan alat ini untuk mengatasi kecemburuan saudara kandung.

Ketika salah satu anak Anda merasa cemburu, alihkan perhatiannya dengan membuatnya tertawa. Itu akan membuat mereka kurang cemas dan menggantikan kecemburuan dengan hiburan.

5. Singkirkan bias gender apa pun.

Orang tua sering memperlakukan anak secara berbeda berdasarkan jenis kelamin mereka. Anak perempuan diharapkan lembut, pemalu, dan cantik, dan anak laki-laki diharapkan kuat dan tidak mengungkapkan perasaan mereka.
Tetapi jika Anda tidak membiarkan putra Anda bermain dengan mainan yang sama dengan putri Anda karena mainan itu “untuk perempuan”, anak laki-laki itu mungkin mulai cemburu. Solusi terbaik adalah membiarkan anak-anak Anda memiliki pengalaman terlepas dari jenis kelamin mereka. Itu akan membuat mereka tidak merasa iri satu sama lain karena masing-masing akan memiliki pilihan yang sama.

6. Bagi tanggung jawab secara merata.

Jika anak-anak berkelahi satu sama lain, tidak mungkin hanya satu yang bersalah dalam konflik. Selain itu, peran “korban” dan “pengganggu” sering berganti-ganti antara saudara kandung. Jadi, para ahli menyarankan agar orang tua memahami inti konflik dan membuat kedua belah pihak bertanggung jawab atas tindakan mereka.

7. Jangan salahkan anakmu.

Pendidik yang berpengalaman menyarankan bahwa penting untuk tidak membuat anak-anak Anda bersalah di mata satu sama lain. Cobalah untuk tidak membatasi satu anak demi yang lain dan pilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Misalnya, jangan katakan bahwa anak Anda tidak bisa bermain karena bayinya tertidur. Alih-alih, lakukan aktivitas, seperti melukis, yang akan melibatkan satu anak dan membiarkan yang lain tidur siang dengan nyenyak.

8. Tunjukkan pada mereka bahwa memiliki saudara kandung itu menyenangkan.

Anda dapat memotivasi hubungan yang penuh perhatian di antara mereka dengan membaca buku dan menunjukkan kartun tentang betapa menyenangkannya memiliki saudara kandung, saran guru. Misalnya, buku What Brothers Do Best oleh Laura Numeroff, merayakan kakak laki-laki. Dan Frozen yang terkenal menunjukkan pentingnya hubungan saudara perempuan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Ungkapan Hati Masyarakat Papua Terhadap Aksi OPM yang Brutal

Masyarakat Papua sangat mengutuk keras segala tindakan brutal yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka atau OPM, karena mereka telah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini