Terjerat Hutang? Ini Amalan yang Diajarkan Rasulullah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kesulitan dalam melunasi hutang tentunya kerap dirasakan oleh beberapa orang. Namun usaha dan ikhtiar di jalan Allah SWT tentunya harus tetap kita tekuni. Apa saja sih amalan mustajab agar hutang segera berakhir?

Islam menekankan agar seseorang sebaiknya berhutang ketika dalam keadaan butuh saja. Dan tidak lalai dalam melunasinya sebab akan merugikan diri hingga akhir kiamat nanti. Apabila orang memiliki hutang meninggal, maka ahli waris wajib untuk melunasi hutangnya. Ini ada amalan yang harus dilakukan untuk mempermudah dalam melunasi hutang

Infaq dan Sedekah

Dengan bersedekah atau berinfaq. Amalan tersebut akan lebih utama dilakukan saat usai mengerjakan salat subuh. Infaq tentu harus dijaga dan dilakukan dengan istiqomah agar mendapatkan keutamaannya dihadapan Allah SWT.

Rasulullah Saw bersabda, “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Engkau mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Engkau menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat shalat juga dihitung sedekah. Dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.”

Salat Hajat

Menjalankan salat hajat merupakan amalan sunah ketika kita memiliki hajat. Termasuk masalah hutang. Salat hajat untuk melunasi utang bukan berarti dapat memberikan Anda uang begitu saja. Amalan ini untuk meminta kelancaran rezeki agar Anda dapat segera melunasi hutang dengan segera.

Salat malam untuk melunasi hutang atau salat hajat ini cukup dengan dua rakaat. Sebaiknya melakukannya di atas jam 12 malam.

Seusai salat, sebaiknya membaca doa ini

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud)

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya yang sedang terjerat hutang untuk membaca doa sebagai berikut:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal. Dan jauhkanlah aku dari yang haram. Dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Senantiasa juga kita panjatkan selawat kepada Nabi Muhammad SAW.  Serta ucapan bersyukur kepada Allah SWT. Karena jika kita merasa bersyukur dengan apa yang terjadi dan kita miliki sekarang, bukan tanpa sebab Allah akan memberi yang lebih.

Teruslah tekun di jalan Allah, Allah Maha Teliti atas sekecil apa amalan yang kita perbuat, semua akan indah sesuai kehendaknya

Reporter: Fadila Aliah Hakim

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini