Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Juga Pernah Pindah Ibu Kota

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhirnya pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke wilayah Kalimantan tak lagi jadi sekadar wacana, namun sudah masuk tahap persiapan.

Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya, Jumatr 16 Agustus 2019 sudah menegaskan bahwa ibu kota akan dipindah ke Kalimantan.

Nah, ngomong-ngomong soal ibu kota, tahu nggak kalau banyak negara yang pernah memindahkan ibu kotanya. Negara apa saja itu, berikut selengkapnya.

1.  Brasil

Ibu kota Brasil saat ini adalah Brasilia. Namun, sebelum Brasilia, ibu kota Brasil awalnya adalah Rio de Janeiro. Brasilia dipilih karena tata kotanya yang lebih rapi, dibanding Rio de Janeiro yang kumuh.

2. Australia

Tahu kan kalau ibu kota Australia adalah Canberra? Nah, ternyata, sebelum Canberra menjadi ibu kota Australia secara sah pada 12 Maret 1913, Melbourne lebih dulu menyandang predikat sebagai ibu kota negara.

3. Mesir

Mesir juga tengah menyiapkan ibu kota baru pengganti Kairo. Bahkan, pengerjaan ibu kota baru ini masih dimulai hingga saat ini dan diperkirakan selesai pada 2020 mendatang.

4. Pakistan

Negara ini juga pernah memindahkan ibu kotanya, dari Karachi ke Islamabad. Alasannya, Islamabad dinilai lebih bersih dan banyak tanaman hijau dibanding kota-kota lainnya.

5. Myanmar

Ibu kota Myanmar dipindah dari Yangon ke Naypyidaw pada tahun 2005. Naypyidaw memiliki letak yang lebih sentral dibandingkan Yangon.

 

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini