Tahun 2020 Dramatis, Mulai dari Covid-19, Anti-Rasisme, Supermoon, Hingga Misi ke Bulan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahun 2020 hadir sebagai dekade baru yang dinantikan penuh dengan harapan.

Namun, sayangnya ternyata harapan itu tidak berjalan seperti yang diharapkan. Pandemik virus Corona di segala penjuru dunia menyebabkan keresahan di seluruh dunia.

Meski begitu, 2020 juga menghadirkan keindahan, rasa bahagia dan hal lainnya membuat manusia jauh lebih kuat dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut ulasan BBC dari setiap bulan dalam setahun.

Januari

Sebuah virus mematikan muncul dan mulai menyebar beberapa negara, sebelumnya virus ini dideteksi berawal di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Saat itu, dampak penyebarannya belum diketahui hingga WHO mengeluarkan status darurat global.

Tercatat 259 orang meninggal dunia dan 11.943 orang terinfeksi virus Corona. Virus ini langsung menyebar ke 25 negara pada awal kemunculannya. ”Alasan utama status darurat dunia ini diumumkan bukan karena apa yang terjadi di Cina. Namun, apa yang tengah berlangsung di dunia,” ujar Sekjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, 31 Januari 2020.

Februari

Pemandangan langit pada Februari menawan dengan adanya fenomena Supermoon. Supermoon merupakan fenomena langit dengan kondisi matahari, bumi, dan bulan berada dalam garis sejajar. Selain itu, Supermoon terjadi ketika bumi berada di titik terdekat dengan bumi. ”Planet Jupiter akan menjadi planet paling terang di langit. Saturnus akan muncul setelahnya di sebelah bawah kiri Jupiter,” kata Gordon Johnson, astronom dari NASA.

Salah satu sorotan astronomi menangkap foto yang menakjubkan, ketika Supermoon hadir di samping menara Masjid Selimiye yang dibangun pada abad ke-16.

Maret

Wabah virus Corona masih terus menghantui sejumlah negara di dunia. Tak terkecuali Indonesia, pada bulan ini pertama kalinya Indonesia mengkonfirmasi kasus pertamanya. Tak tanggung-tanggung, pasien yang terinfeksi sudah dua orang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan bahwa salah satu pasien tersebut merupakan guru dansa. Pasien tersebut melakukan kontak fisik dengan WNA Jepang – yang sebelumnya bermukim di Malaysia sejak 14 Februari. ”Jadi, salah satu pasien itu guru dansa. Dia berdansa dengan teman dekatnya itu (WNA Jepang),” ujar Terawan.

April

Seorang pastur di Detroit, Amerika Serikat, menggunakan pistol air untuk memberkati para jemaat gereja dengan air suci dalam kebaktian Paskah. Air suci adalah salah satu hal penting dalam ritual ibadah Gereja Katolik. Air ini telah digunakan para imam ketika jemaat memperbaharui janji pembaptisan mereka pada Paskah.

Kebiasaan itulah yang membuat Pastur Tim Pelc memutar otaknya. Ia memutuskan melakukan pelayanan misa dengan berpegang pada tradisi gereja, tapi tetap menerapkan physical distancing. ”Cara ini bukan hanya aman, tapi juga menyenangkan. Memercikkan air suci ke umat adalah sebuah ritual dalam perayaan misa Paskah. Namun, kini saya harus memodifikasi cara tersebut agar tetap aman dari penularan virus Corona,” ucap Pelc.

Mei

Seorang mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan terhadap George Floyd. Perwira polisi tersebut dituding menginjak leher Floyd (pria kulit hitam) menggunakan lututnya.

Kematian tersebut memicu kerusuhan, demonstrasi, penjarahan, bentrokan dengan polisi di seluruh AS. Presiden AS Donald Trump mengatakan, kematian Floyd telah membuat orang Amerika ketakutan, marah, dan sedih. ”Hukum dan keadilan (ditegakkan) di Philadelphia, Sekarang! Mereka menjarah toko. Panggil garda nasional kita yang hebat!” katanya dalam cuitannya di Twitter.

Juni

Gedung Teatre del Liceu di Barcelona, Spanyol kembali dibuka dan langsung menggelar konser pertamanya sejak karantina wilayah diterapkan. Uniknya, sebanyak 2.292 kursi penonton diisi oleh tanaman.

Suara dedaunan dan ranting-ranting yang bergesekan dengan angin bergema seperti sebuah tepuk tangan. Menurut Ampudia, tanaman itu akan dibagikan kepada para petugas kesehatan setempat sebagai ucapan terima kasih atas dedikasinya selama pandemi. ”Saya mendengar lebih banyak burung bernyanyi dan tanaman tumbuh di kebun. Jadi tanpa ragu, saya berpikir untuk menghubungkan alam dengan banyak orang melalui konser,” kata Ampudia, seperti yang dilansir AP.

Juli

Triliunan belalang menyerang Afrika Timur bersamaan dengan penyebaran virus yang masih terjadi. Gerombolan serangan itu menghancurkan tanaman, mulai dari Kenya hingga ke Ethiopia, Yaman, dan ke bagian India utara.
”Sama menakutkan dan dramatisnya, ada pesan yang lebih dalam, dan pesannya adalah kita mengubah lingkungan,” kata Ahli Entomologi Dino Martins.

Menurutnya, faktor-faktor seperti penggundulan hutan, penggembalaan berlebihan dari peternakan sapi, dan perluasan gurun pasir membantu belalang berkembang biak dalam jumlah yang banyak.

Agustus

Pemandangan Pelabuhan Beirut usai mengalami ledakan. (Foto: Financial Times)

Ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa 4 Agustus 2020, menghancurkan kota, merusak gedung, menewaskan lebih dari 1,000 orang, dan melukai ribuan lainnya. Ledakan tersebut tercatat sebagai gempa bumi berkekuatan 3,3 SR dan efek ledakannya dirasakan bermil-mil jauhnya dari lokasi kejadian.

Para ahli mengatakan kepada Insider bahwa ledakan itu kemungkinan terjadi karena memiliki energi ledakan sangat besar, setara beberapa ratus ton TNT. Jeffrey Lewis, seorang ahli senjata nuklir dan konvensional di Middlebury Institute of International Studies di California memperkirakan energinya dihasilkan antara 200-500 ton TNT. ”Ini berdasar kerusakan akibat ledakan, gelombang kejut, sinyal seismik, dan ukuran kawah,” kata Lewis dilansir dari Science Alert.

September

Foto udara hutan Amazon yang mengalami kerusakan akibat pembalakan liar di dekat Porto Velho, Negara Bagian Rondonia, Brasil 22 Agustus 2019. Twitter/@michaelavasso

Kebakaran hutan tropis di Amazon, Brazil dilaporkan lebih parah sembilan bulan terakhir dibandingkan dengan kebakaran 2019. Mayoritas area hutan yang terletak di Brazil itu dilaporkan mengalami kebakaran terburuknya selama satu dekade terakhir.

Angka-angka resmi menunjukkan lebih dari 87.000 kebakaran hutan terjadi di Brazil dalam delapan bulan tahun ini – jumlah tertinggi sejak 2010.

Banyak penduduk di wilayah tersebut menghadapi kesulitan keuangan dan kesehatan. Hewan-hewan, termasuk spesies yang terancam punah berjuang untuk bertahan hidup dari kobaran api. Seekor jaguar selamat dari kebakaran di Pantanal, tapi cakarnya terbakar.

Oktober

Perjuangan manusia seluruh dunia melawan Corona masih berlanjut. Pemerintah di seluruh dunia bolak-balik melakukan pelonggaran dan pengetatan lockdown karena kasus virus Corona yang naik turun.

Banyak kalangan bisnis mengatakan mereka menghadapi masa depan yang suram karena pandemi ini. Bisnis seperti perhotelan, tempat wisata, restoran, dan lainnya terancam bangkrut karena tidak ada konsumen yang datang.

Salah satunya sebuah restoran di ibu kota Italia, Roma, yang menggunakan kerangka manusia yang sedang makan untuk melambangkan bisnis mereka yang sekarat.

November

Demo di Thailand. (Foto: Reuters)

Para pendemo di Thailand kembali melakukan aksi unjuk rasa anti-pemerintah. Aksi protes tersebut sudah berlangsung berbulan-bulan. Ribuan orang turun ke jalan meneriakkan reformasi monarki Thailand.

Mereka menyebut pemilu Thailand pada 2019 telah dicurangi agar Prayuth tetap memegang jabatan Perdana Menteri Thailand.

Hal unik tersaji, Mitree Chitinunda, seorang yang dulunya ultra-royalis mengubah gaya rambutnya menjadi sebuah simbol tiga jari – yang digunakan oleh pengunjuk rasa di seluruh Thailand.

Desember

Kapsul Chang’E-5 membawa batuan seberat 2 kg dari Bulan untuk diteliti, kapsul tersebut mendarat di Bumi pada pukul 01:33 tepatnya di Distrik Siziwang Mongolia (Instagram @unamirada_aluniverso)

Badan Antariksa Nasional Cina (CNSA) baru saja melewati salah satu momen penting untuk misi terbarunya ke bulan. Selasa, (2/12) robot Chang`e milik Cina itu sukses mendarat di bulan. Pendaratannya tepat di dekat Mons Rumker di Samudra Badai, wilayah luas berwarna gelap di sisi dekat bulan.

Misi Cina tersebut bertujuan untuk membawa kembali sampel dari bulan untuk dipelajari di bumi. Chang`e diharapkan mengumpulkan sekitar 2 kilogram material bulan. Sampel bulan ini nantinya akan membantu ilmuwan memahami apa yang terjadi di akhir sejarah bulan, serta mengetahu bagaimana bumi dan tata surya berevolusi.

Reporter : Afif Ardiansyah

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini