Survei: Jokowi Kuasai Jawa, Prabowo Kuat di Sumatera

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Hasil survei terbaru Charta Politika mencatat bahwa kekuatan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di tujuh dari Sembilan wilayah yang menjadi sampel penelitian.

“Dari segi wilayah, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di hampir semua wilayah, kecuali di wilayah Sumatera, di mana Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya, Jalan Cisanggiri III, Jakarta, Senin 25 Maret 2019.

Survei ini dilaksanakan pada 1-9 Maret 2019 dengan wawancara tatap muka terhadap 2.000 responden di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei itu, Prabowo-Sandi memperoleh suara 48,3 persen di Sumatera, sedangkan Jokowi-Ma’ruf meraih 43,3 persen. Yunarto menyebut kekuatan terbesar Prabowo di Sumatera ada di Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. “Daerah tempur ada di Sumut, Jambi, Bengkulu, dan Babel,” ujarnya.

Terkait kekuatan di Jawa, Jokowi masih kuat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Perolehan suara Jokowi-Ma’ruf di wilayah itu mencapai 68 persen.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini