Super Mario Bros Diambil dari Nama Gudang Penyimpanan Video Game

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Siapa yang tak kenal dengan permainan Mario Bros? Salah satu game paling legendaris di mata anak 90-an ini sudah berusia 36 tahun sejak dirilis. Setiap tahunnya Mario Bros merilis versi terbaru.

Game Super Mario Bros (SMB) diciptakan oleh Shigeru Miyamoto pada 13 September 1985, dan dipublikasikan melalui Nintendo.

Awalnya karakter Mario Bros sudah ada di permainan Donkey Kong atau yang sering disebut Jumpman. Tokoh Mario semakin terkenal. Shigeru pun memutuskan untuk membuat game dengan tokoh utama Mario Bros.

Sebelum nama Mario, desainer video game asal Jepang ini memberikan nama karakter tersebut “Mr Video”, karena akan tampil melalui video game. Namun, Shigeru merasa nama itu tidak begitu dikenal masyarakat. Sampai pada akhirnya ia merilis Donkey Kong versi Amerika Serikat, melihat gudang tempat penyimpanan video game Donkey Kong di Seattle bernama Mario Segale. Alhasil ia membuat nama karakter video game nya menjadi Mario Bros.

Karakter

Menceritakan dua bersaudara bernama Mario dan Luigi yang berasal dari Brooklyn, New York. Mereka adalah tukang pipa yang bekerja di Kerajaan Jamur. Pimpinan Kerajaan Jamur adalah Putri Toadstool dan orang-orang jamurnya yang setia.

Suatu hari, muncul kejahatan di negeri tersebut, yaitu Raja Bowser Koopa bersama pasukannya Goombas, Spinies, Flying Koopa, dan makhluk jahat lainnya. Raja Koopa pun menculik Putri Toadstool dan menjebak orang-orang jamur di istana. Sehingga Mario dan Luigi harus menyelamatkan sang putri dan mengalahkan Raja Koopa beserta kawanannya.

Mario merupakan karakter utama dalam permainan ini, ia seorang laki-laki berkumis menggunakan pakaian terusan berwarna biru dengan baju dalaman berwarna merah dan sepatu berwarna coklat serta topi bertuliskan huruf M. Selain itu ada Luigi, sang adik dari Mario. Gambaran dari Luigi yaitu lelaki berkumis dengan pakaian terusan berwarna biru dengan baju dalaman berwarna hijau. Ia memakai sepatu berwarna coklat yang sama seperti Mario, hanya saja perbedaannya Luigi tampak lebih tinggi dari Mario dan memakai topi bertuliskan huruf L.

Super Mario Bros bisa dimainkan dengan satu orang atau dua orang. Untuk memainkan karakter Luigi harus menggunakan mode two player atau mode dua pengguna.

Cara bermain

Super Mario Bros
Super Mario Bros.
Credit: Nintendo

Permainan ini di mulai dari permainan sisi kiri layar. Pemain bergerak ke sisi kanan sampai bertemu tiang bendera di setiap level. Pada permainan ini terdapat koin yang berserakan. Pemain yang menggunakan ikon Mario atau Luigu harus mengambilnya dan mengumpulkannya. Ada batu bata dengan tanda tanya (?), apabila mario menabraknya dari bawah akan keluar koin atau bonus lainnya. Tantangan pada permainan ini juga jika berhadapan dengan musuh yang berjalan kesana kemari, Mario perlu melompat di atas musuh atau menghancurkannya. Jika pemain bisa mendapatkan jamur super Merah dan Kuning, ukuran karakter Mario akan tumbuh lebih besar dari sebelumnya dan bisa mudah untuk melewati rintangan berikutnya.

Pemain juga bisa mendapat nyawa tambahan saat memungut jamur 1-up Hijau dan Oranye. Di bagian kekalahan, bisa terjadi saat nyawa Mario hilang dengan menabrak musuh, jatuh ke lubang, dan kehabisan waktu. Permainan terdiri dari delapan dunia dengan empat sub tingkat (stage) di setiap dunia permainan. Permainan ini meliputi musuh yang berbeda dan bonus di area permainan.

Versi

Selain bisadi SNES (Super Nintendo Entertaintment System), permainan ini ada di perangkat Nintendo lain seperti Nintendo Switch, Nintendo Wii, Nintendo Wii U, Nintendo 3DS, dan Game Boy Advance. Bahkan untuk versi Mario Bros lainnya juga di Android dan iOS.

Nintendo 3DS

  • SMB (1984), SMB 2 (1988), Super Mario Land (1989), SMB 3 (1990), Super Mario Land 2: 6 Golden Coins (1992), New SMB (2006), Super Mario 3D Land (2011), New SMB 2 (2012), Super Mario Maker (2015)

Nintendo Wii

  • SMB (1984), SMB 2 (1988), SMB 3 (1990), Super Mario World (1991), Super Mario 64 (1996), Super Mario Galaxy (2007), New SMB. Wii (2009).

Nintendo Wii U

  • SMB 3 (1990), Super Mario World (1991), Super Mario 64 (1996), New SMB (2006), Super Mario Galaxy (2007), New Super Mario Bros. Wii (2009), Super Mario Galaxy 2 (2010), New Super Mario Bros. U (2012), Super Mario 3D World (2013), Super Mario Maker (2015), New Super Mario Bros.™ U Deluxe (2019).

Nintendo Switch

  • SMB (1985), SMB 2 (1988), SMB 3 (1990), New SMB U (2012), Super Mario 3D World (2013), Super Mario Odyssey (2017), New SMB.™ U Deluxe (2019), Super Mario Maker 2 (2019), Super Mario 3D All-Stars (2020), Super Mario 3D World + Bowser’s Fury (2021).

Android & iOS

  • Super Mario Run (2016), Mario Kart Tour (2019), Dr. Mario World (2019).

Reporter: Annisaa Rahmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini