Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Koki dan Chef

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian masyarakat menganggap seseorang yang bekerja di dapur untuk memasak dan menghidangkan makanannya kepada pelanggan adalah koki atau chef. Padahal, kenyataannya istilah kedua profesi ini secara profesional berbeda.

Kata chef berasal dari bahasa Prancis yakni chef de cuisine. Berarti direktur atau kepala dapur. Biasanya chef memiliki keterampilan yang terlatih. Mereka bekerja di hotel maupun restoran. Sedangkan koki merupakan seseorang yang menyiapkan dan memasak makanan.

Tentunya dari kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, walaupun sama-sama bekerja di dapur. Hal ini tentunya juga sangat berpengaruh pada jumlah gaji yang mereka dapatkan.

Perbedaan

Keterampilan dan keahlian seorang chef berdasarkan pada pendidikan sekolah tinggi yang menyediakan jurusan Tata Boga selama 2 tahun (D1) hingga 4 tahun (S1). Tak heran jika posisi ini dianggap profesional pada industri makanan dan minuman.

Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki sertifikasi yang sesuai pada industri ini. Melalui sertifikasi ini perusahaan akan yakin bahwa kamu telah memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan perusahaan.

Hal ini dapat membuat kita lebih unggul dan kompetitif dari chef lainnya. Namun perlu diingat. Hal utama adalah keahlian dan keterampilannya dalam bidang industri makanan dan minuman.

Sedangkan koki biasanya seseorang yang menyiapkan makanan sesuai dengan resep. Koki juga sebagai juru masak tetapi pada profesi ini belum menyelesaikan kursus profesional.

Tanggung jawab

Melansir workable.com, chef bertanggung jawab seperti kualitas rasa menu, menghias makanan di piring, memantau bahan baku sembari melakukan eksperimen dengan resep dan juga melatih para koki di bawahnya.

Sedangkan peran koki juga memiliki tanggung jawab seperti menyiapkan semua bahan dan peralatan masak. Dan yang paling utama adalah memasak. Dalam hal ini koki bekerja sendiri dan apabila terjadi masalah dalam masakannya itu merupakan hal yang harus ditanggung oleh dirinya sendiri.

Gaji

Dari segi tanggung jawab, kedua profesi tersebut sangat berbeda. Posisi chef lebih berat dari koki. Tentunya membuat gaji diantara kedua profesi tersebut berbeda.

Dikutip dari id.indeed.com, rata-rata gaji chef dalam sebulan yaitu berkisar Rp 6,000,000 per bulan. Tetapi perlu di ingat jumlah gaji ini sangat sesuai dengan keahlian dan keterampilannya, meski belum memiliki pengalaman.

Sedangkan rata-rata gaji koki di Indonesia berkisar Rp 3.000.000 per bulan. Jika kamu menempuh posisi ini yang cukup lama di perusahaan yang sama, mungkin saja gajimu per tahunnya meningkat.

Bahkan menurut mantan juri MasterChef Indonesia yakni Vindex Valentino mengatakan gaji para junior selalu di atas UMR. Salah satunya di sebuah hotel Jakarta Barat yang memiliki pengalaman seumur jagung gajinya bisa mencapai Rp 4-5 juta per bulan. Tentunya ini disesuaikan dengan kualitas tiap-tiap restoran maupun hotel.

Reporter: Azzura Tunisya

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini