Sadis! Penghuninya Banyak yang Mati, Lima Penjara Ini Paling Mengerikan di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPenjara dibuat agar para pelanggar hukum yang ditahan bisa menjadi orang baik setelah dinyatakan bebas dari tempat itu.

Tetapi, bagaimana jika tempat tersebut justru didesain menjadi neraka bagi mereka yang tinggal di dalamnya.

Berikut adalah negara-negara yang memiliki penjara paling mengerikan di dunia hingga kasus bunuh- membunuh sesama tahanan sudah menjadi pemandangan biasa dan tidak mampu terelakan lagi;

1. Gitarama
Penjara ini terkenal mengerikan. Penduduk setempat bahkan menyebutnya dengan “Neraka di Dunia.”

Terletak di Rwanda Afrika Tengah, bangunannya didesain untuk 500 narapidana, tetapi realitasnya ada sekitar 7.000 orang tahanan di dalamnya. Begitu sesaknya, bahkan untuk tidur saja di antara mereka harus melakukannya sambil berdiri sehingga banyak tahanan yang kakinya membusuk sehingga harus diamputasi.

2. La Sante
Penjara La Sante terletak di Paris, Prancis. Tempat ini juga dikenal dengan kebrutalannya karena yang berlaku di sana adalah hukum rimba. Artinya, mereka yang memiliki kekuatan akan menjadi penguasa di sana.

La Sante merupakan penjara yang paling banyak terjadi kasus kematian. Begitu banyaknya hingga tidak ada catatan yang merekamnya. Hal tersebut membuat petugas di sana hanya memperbolehkan para napi keluar 4 jam dalam sehari saja.

3. Di-yarbakir

Turki punya penjara paling mengerikan yaitu Di-yarbakir.

Bangunan yang sudah sangat melebihi kapasitasnya itu menggambarkan suasana sesak jika kita mengunjunginya.  Dulu, tempat ini menerima anak-anak untuk dijadikan budak seumur hidup. Pada 1996 di penjara tersebut pernah terjadi insiden kekerasan sesama napi. Peristiwa itu tidak hanya melukai sesama napi tetapi juga petugasnya. Sebanyak 10 napi meninggal dunia dan 23 lainnya luka parah.

4. Alcatraz
Terletak di San Fransisco, Amerika Serikat, kini telah menjadi tempat wisata. Meski begitu, dahulu terkenal mengerikan karena penjara tersebut terdapat di sebuah pulau kecil di tengah laut San Fransisco. Di tempat tersebut juga sering terjadi tindakan brutal yang menewaskan banyak tahanan.

Di tempat tersebut juga terkenal dengan ‘Battle of Alcatraz’ pada 1946 yaitu peristiwa melarikan diri massal para narapidana sejak 2 sampai dengan 4 Mei. Akibatnya dua petugas penjara dan tiga napi terbunuh, serta 14 petugas terluka.

Karena penjara ini memiliki sanitasi yang buruk dan tidak layak lagi sehingga pada tahun 1963 Alcatraz tutup.

5. San Quentin
Termasuk penjara tertua di California yang juga terkenal dengan kekejaman mengerikan dan paling tidak manusiawi. Penjara tersebut memang khusus tahanan lelaki.

Di tempat itu juga terdapat kamar gas yang mematikan. Fasilitas itu untuk mengeksekusi para tahanan pada 1920 -an. Namun sekarang kamar gas itu tutup sebab Pemerintah California lebih memilih jarum suntik daripada kamar gas untuk menghukum mati narapidana.

Reporter: Anita Rahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini