Real Count KPU: Suara Jokowi Tetap Unggul

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Data suara dari salinan formulir C1 yang masuk Sistem Informasi Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU) sudah mencapai 45 persen, Minggu pukul; 05.15 WIB. Pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 8,8 juta suara dibanding penantangnya, Prabowo-Sandiaga.

Saat ini salinan formulir C1 yang masuk berasal dari 368.957 tempat pemungutan suara (TPS) dari jumlah seluruhnya 813.350 TPS.

Dengan selisih suara sebesar itu, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 56,3 persen suara sedangkan Prabowo-Sandiaga 43,7 persen.

Situng bisa diakses secara bebas melalui laman “pemilu2019.kpu.go.id” dengan penghitungan suara dimutakhirkan secara berkala.

Sumber data yang dimasukkan ke Situng adalah formulir C1 atau hasil penghitungan tiap TPS yang dipindai dan diunggah ke sistem dari setiap kota atau kabupaten.

Namun, data pada Situng tidak akan menjadi hasil resmi perolehan suara akhir. Penetapan rekapitulasi suara akhir tetap dilakukan berdasarkan penghitungan manual berjenjang dari kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, kemudian nasional.

Penghitungan manual di tingkat nasional sesuai jadwal semestinya telah dilakukan sejak Kamis (25/4), namun KPU menyatakan belum bisa memulai karena masih menunggu rekapitulasi dari provinsi.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini