Pesan Mohammad Natsir yang Sepatutnya Direnungi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai tokoh pejuang kemerdekaan RI dan ulama besar, Mohammad Natsir telah menjadi teladan dan inspirasi bagi rakyat Indonesia.

Gagasannya banyak dijadikan rujukan. Pesan-pesannya membangkitkan semangat untuk memajukan bangsa di masa depan.

Berikut, pesan dari Mohammad Natsir, ulama pejuang kemerdekaan dan pendiri Partai Masyumi, yang sudah sepatutnya kita renungi:

  1. “Untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.” 
  2. “Islam beribadah itu akan dibiarkan. Islam berekonomi akan diawasi. Islam berpolitik itu akan dicabut seakar-akarnya.”
  3. “Suatu bangsa tidak akan maju, sebelum ada di antara bangsa itu segolongan guru yang suka berkorban untuk keperluan bangsanya.”
  4. “Kalau memang saudara merasa tidak perlu ikut berpolitik, biar tidak usah berpolitik. Tetapi saudara jangan buta politik. Kalau saudara buta politik, saudara akan dimakan oleh politik.”
  5. “Apakah mungkin minyak dan air dipersatukan, meskipun didigodog dan diudek-udek?
    Waspadalah terhadap politik ‘menyodorkan tangan’ yang palsu! Waspadalah terhadap serigala berbulu kibas yang hendak dimasukkan sekandang dengan ternak! Hasbunallah wani’malwakil!”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Perjuangan Rakyat Gelar Aksi Demo Peringati Hari Buruh di Kota Kupang

Minews.id, Kupang - Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, Aliansi Perjuangan Rakyat (Aparat)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini